Tiga Daerah Sepakati Pengelolaan Geopark Nasional Gunungsewu

oleh -13667 views

Pacitanku.com, GUNUNG KIDUL – Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ditunjuk menjadi pusat sekretariat bersama pengelolaan Nasional Geopark Gunungsewu yang diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan.

Menurut Kabid Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan penandatangan Badan Kerjasama Antar Daerah (BKAD) Pacitan, Wonogiri, dan Gunung Kidul, sudah dilakukan pada Rabu (23/12), untuk Gunung Kidul diwakili oleh Penjabat Sekda Supartono. Sementara untuk Pacitan diwakili oleh Kepala Disbudparpora Wasi Prayitno.

“Penandatangan BKAD di Wonogiri, penandatanganan ini untuk peningkatan kerja sama pengeloalaan Geopark Gunungsewu,” kata Hary.


Ia mengatakan ada beberapa kesepakatan yang dihasilkan dalam penandatanganan itu diantaranya pemindahan sekretariat geopark dilakukan setiap tiga tahun sekali. Pada 2015 merupakan kesempatan Kabupaten Gunung Kidul. “Sekretariat nanti akan berada di Kantor Disbudpar, dan panel-panel akan ditambah menjadi UNESCO Global Geopark,” katanya.

Selain itu, nantinya pengelolaan akan semakin ditingkatkan, seperti pemasaran. Seperti pembuatan leavet untuk geoside di tiga kabupaten. “Kami akan bersama-sama melakukan pengembangan, namun untuk pengelolaan tetap tanggung jawab masing-masing wilayah,” katanya.

Penjabat Sekda Gunung Kidul Supartono menambahkan dalam kesepakatan tidak hanya kabupaten secara umum, namun ada beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang melakukan kesepakatan daintaranya Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, dan Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataaan masing-masing daerah melakukan kesepakatan. “Kami sepakat untuk meningkatkan kerja sama, utamanya daerah perbatasan. Misalnya peningkatan infrastruktur,” ucapnya.

Kerja sama ini, menurut Supartono untuk pelestarian geopark dan saling mengisi setiap daerah. “Kalau ada masalah, kita tindak lanjuti bersama,” katanya. (RAPP002/Antara)