Ledakan yang Dikira Pesawat Jatuh adalah Dentuman Proyektil

oleh -131.371 views

Pacitanku.com, BANDAR – Hari ini, Rabu (16/12/2015) warga di kecamatan Tegalombo dan Kecamatan Bandar dihebohkan dengan kabar jatuhnya pesawat latih yang terjadi di kawasan pegunungan Dusun Ngrandu, Desa Kledung, Kecamatan Bandar pada Rabu (16/12/2015) sekitar pukul 09.00 WIB.

Hal tersebut disebabkan karena suara ledakan cukup keras di kawasan pegunungan tersebut. Akibat kerasnya ledakan, masyarakat setempat dihebohkan dan banyak yang menyimpulkan ada pesawat jatuh di kawasan tersebut. Bahkan suara ledakan sampai di beberapa daerah di sekitar lokasi, seperti di Desa Krajan dan Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo.

Namun, setelah dilakukan pencarian setelah mendengar kabar tersebut, tidak ditemukan bekas pesawat jatuh seperti yang dikabarkan.


“Setelah ada kabar yang menggegerkan tersebut, kami menghubungi masyarakat di Tegalombo dan perbatasan di Kledung, namun ternyata tak ditemukan pesawat jatuh, bahkan lurah Kledung, Kecamatan Bandar juga turut mencari, namun masih nihil,” ujar Ribut Joko Setiyono, warga Tegalombo kepada Pacitanku.com.

Namun setelah ditelusuri, adanya suara ledakan tersebut disebabkan suara dentumen proyektil yang kosong. Dentuman proyektil kosong tersebut adalah proyektil yang ditembakkan oleh pesawat milik Lanud Iswahyudi, Madiun.

Menurut informasi dari Landasan udara (Lanud) Iswahyudi, pesawat latih yang dikabarkan jatuh di kawasan tersebut kini sudah mendarat. Kepala bagian penerangan Lanud iswahyudi, Mayjend Iswahyudi menegaskan jika suara tersebut merupakan manuver yang dilakukan saat latihan rutin.

Sehingga, pada intinya suara dentuman tersebut tidak akan meninggalkan bekas atau benda lain karena merupakan giat latihan rutin terbang. “Setelah perbaikan pesawat Super Sonic F.16 dan pesawat tersebut akan mengeluarkan suara dari mesin yang terdengar seperti ledakan setelah pesawat tersebut terbang jauh,” tandasnya. (RJSPP004)