Banyak yang “Kecele” Terkait Isu Pesawat Jatuh yang Hebohkan Warga

oleh -465 views

Pacitanku.com, BANDAR – Hati-hati berbagi informasi. Mungkin kata-kata tersebut harus dimaknai secara mendalam, apalagi di era keterbukaan infomasi publik saat ini, penyebaran informasi sangat cepat. Hal itu juga yang terjadi terkait isu pesawat jatuh di kawasan pegunungan di Dusun Ngrandu, Desa Kledung, Kecamatan Bandar, Rabu (16/12/2015).

Karena kabar yang cenderung menyesatkan tersebut, banyak masyarakat yang berbondong-bondong datang ke lokasi untuk melihat dan memastikan asal dentuman. Bahkan, beberapa aparat kemanaan seperti TNI dan Polri, aparat desa hingga kecamatan berbondong-bondong melihat kabar yang diyakini sebagian warga sebagai pesawat jatuh tersebut.

Berdasarkan pantauan Pacitanku.com, hingga pukul 13.00 WIB, ratusan warga masih berkumpul di lokasi yang diyakini sumber ledakan sebuah pesawat, di perbatasan Dusun Bari, Desa Tegalombo dan Dusun Ngrandu, Desa Bandar. Sementara, beberapa polisi pun turun ke jalan untuk mengamankan lokasi.


Aku bar ko TKP, blas ora nek, seng enek meng wong atusan do jegilan termasuk aku barang, pak polisi karo pak koramil yo balek nglangke (Saya habis dari TKP, tidak ada sama sekali, yang ada hanya ratusan orang yang kecele termasuk saya juga, pak polisi dan pak Koramil juga akhirnya pulang),” kata Rohmat, salah satu warga yang merasa kecele atas terjadinya peristiwa menghebohkan tersebut.

Jalan yang biasanya sepi tersebut mendadak ramai karena kehebohan berita simpang siur pesawat jatuh tersebut.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, setelah ditelusuri, adanya suara ledakan tersebut disebabkan suara dentumen proyektil yang kosong. Dentuman proyektil kosong tersebut adalah proyektil yang ditembakkan oleh pesawat milik Lanud Iswahyudi, Madiun.

Menurut informasi dari Landasan udara (Lanud) Iswahyudi, pesawat latih yang dikabarkan jatuh di kawasan tersebut kini sudah mendarat. Kepala bagian penerangan Lanud iswahyudi, Mayjend Iswahyudi menegaskan jika suara tersebut merupakan manuver yang dilakukan saat latihan rutin.

Sehingga, pada intinya suara dentuman tersebut tidak akan meninggalkan bekas atau benda lain karena merupakan giat latihan rutin terbang. “Setelah perbaikan pesawat Super Sonic F.16 dan pesawat tersebut akan mengeluarkan suara dari mesin yang terdengar seperti ledakan setelah pesawat tersebut terbang jauh,” tandasnya. (RAPP002)

Keterangan Foto: Warga yang kecele saat mendapati kabar jatuhnya pesawat di Bandar adalah berita tidak benar. (Sumber foto: Aris Mashudi/FB)