Bawaslu Bentuk Satgas Operasi Tangkap Tangan Politik Uang Pilkada

oleh -13783 views

Pacitanku.com, SURABAYA – Sehari jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 19 daerah di Jawa Timur, Badan Pengawas Pemilihan Umum Jawa Timur membentuk satuan tugas operasi tangkap tangan (OTT).

Menurut Ketua Bawaslu Jatim, Sufyanto kepada wartawan si Surabaya, Senin kemarin menyampaikan bahwa fungsi Satgas ini adalah untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya politik uang saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak pada 19 kabupaten/kota setempat. “Anggota satgas bekerja mengawasi tempat pemungutan suara karena sangat rawan terjadinya pelanggaran,” katanya.

Lebih lanjut, Sufyanto menjelaskan para anggota satgas terdiri dari mahasiswa, Panwaslu dan masyarakat yang akan memantau mulai sehari menjelang pencoblosan.

Selain saat pemungutan, lanjut dia, potensi politik uang juga rawan terjadi saat distribusi formulir C6 kepada calon pemilih karena tidak menutup kemungkinan tim sukses menyelipkan stiker atau ajakan memilih calon tertentu melalui panitia. “Intinya, kalau ada yang memberi cenderamata atau dalam bentuk apapun ya harus berani menolaknya,” ucap mantan dosen Universitas Muhammadiyah Gresik itu.

Disinggung laporan mengenai praktik politik uang yang ditangani Bawaslu, ia mengaku menerima laporan bahwa di salah satu desa di Kabupaten Gresik ada politik uang. “Saat ini masih ditangani, tapi hasilnya kami belum menerima laporan. Indikasinya memang ke arah sana,” tutupnya. (RAPP002/Antara)