Persiapan Pilkada di Jatim Sudah 90 Persen

oleh -367 views

Pacitanku.com, SURABAYA – Dua hari jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 19 daerah di Jawa Timur, Ketua Komisi Pemilihan Umum Jatim Eko Sasmito menyampaikan bahwa persiapan pelaksanakan Pilkada Serentak pada 19 daerah sudah mencapai 90 persen dan tinggal pelaksanaannya saja yang digelar Rabu (9/12/2015) mendatang.

Sementara, terkait pengiriman logistik Pilkada, kata dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan polisi dan aparat berwenang. “Saat ini semua logistik sudah ada di Panitia Pemihan Kecamatan (PPK) dan sebagian juga sudah didistribusikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan,” ujarnya kepada wartawan, Senin (7/12/2015) di Surabaya.

Sementara, tahapan berikutnya, lanjut dia, seluruh PPS akan mengirim logistik ke petugas KPPS dan TPS yang batas waktunya pada 8 Desember 2015 semua surat suara sudah di PPS. “Syukurlah laporan mengenai kendala distribusi logistik Pilkada belum ada dan sekarang tinggal pelaksanaan sesuai dengan tahapan,” tandasnya.

Lebih lanjut, Eko menyampaikan bahwa terkait distribusi logistik ke wilayah terjauh, pada H-1 ditargetkan selesai dilakukan. “Tidak ada kesulitan pengiriman karena cuaca sedang bagus saat pendistribusian logistik. Untuk wilayah terjauh Pacitan juga selesai dilakukan,” pungkasnya.

Sementara, di Pacitan sendiri, pendistribusian logistik sudah diselesaikan di 12 kecamatan pada pekan lalu. KPU Pacitan juga sudah mencetak surat suara sebanyak 484.237 lembar yang disebar di 740 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan digunakan oleh daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 467.890 jiwa yang tersebar di 12 kecamatan, 166 desa dan lima kelurahan di Pacitan. (RAPP002/Antara)

Keterangan Foto: Pendistribusian logistik Pilkada Pacitan yang dikawal Polres Pacitan. (Foto: Polres Pacitan)