Polres Madiun Turut Bantu Pengamanan Pilkada Pacitan

oleh -13752 views

Pacitanku.com, MADIUN – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Madiun akan mengirimkan ratusan personel untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, 9 Desember 2015 pekan depan.

Meski Madiun tidak terlibat secara langsung, namun diminta ikut menjaga situasi kondusif dengan memperkuat pengamanan Pilkada di Kabupaten Ponorogo dan Pacitan.

Kapolres Madiun, Ajun Komisaris Besar Polisi Yoyon Tony Surya Putra mengatakan, kekuatan personel yang akan disiagakan selama perhelatan pesta demokrasi berjumlah 200 orang atau dua kompi yang terbagi di dua wilayah tersebut.

Mantan Kasubdit III Unit Tipikor Polda Jawa Timur ini menuturkan, sejauh ini pihaknya belum mendapat laporan potensi rawan konflik di Ponorogo maupun Pacitan. Kendati demikian, AKBP Tony meminta seluruh aparat kepolisian tidak menggap remeh)pelaksanaan pilkada.

“Tetangga kita yang melaksanakan Pilkada adalah Ngawi, Ponorogo dan Pacitan. Jadi dari Polres Madiun sendiri itu mengirimkan bantuan kekuatan personel untuk back up Pilkada di Ponorogo dan Pacitan masing-masing 100 orang. Saya belum bisa mengatakan ada tidaknya potensi kerawanan ya, saya hanya melihat kegiatan yang selama ini dilaksanakan dan insya allah Pilkadanya aman,” ungkapnya kepada Radio Republik Indonesia, Jum’at( 4/12/2015).

Lebih lanjut, Yoyon mengatakan, pada perhelatan pesta demokrasi ini, personel kepolisian diminta dapat memposisikan dirinya sebagai pengayom dan pelindung masyarakat. Hal ini bertujuan agar menciptakan situasi nyaman selama pilkada berlangsung.

Dijelaskan, tiga wilayah di karesidenan Madiun yang melaksanakan Pilkada 9 Desember, yakni Kabupaten Ngawi diikuti dua pasangan calon, Kabupaten Ponorogo diikuti empat pasangan calon dan Pilkada Pacitan diikuti dua pasangan calon. “Polisi harus menunjukkan perannya disini sebagai pengayom dan pelindung masyarakat,” tandasnya. (Eka/HF/RRI/RAPP002)