KPU Pacitan Mulai Distribusikan Logistik Pilkada

oleh -13567 views

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, mulai mendistribusikan logistik Pilkada ke masing-masing tempat pemungutan suara, terutama untuk wilayah terpencil di daerah tersebut.

Komisioner KPU Sulistyorini, mengatakan, distribusi logistik pemilu dilaksanakan selama tiga hari. “Setiap hari paling tidak empat kecamatan. Kita prioritaskan lokasi dengan radius jauh, tingkat kesulitan lokasi, serta tingkat kerawanannya,” katanya, Rabu (2/12) kemarin.

Menurut Rini, KPU setempat akan mendistribusikan logistik tersebut setiap hari sebanyak empat kecamatan, dengan prioritas lokasi dengan radius jauh, tingkat kesulitan lokasi, serta tingkat kerawanannya.

Mulai rabu kemarin, pendistribusian logistik difokuskan di empat kecamatan yang berlokasi di Pacitan bagian utara, yakni Arjosari, Tegalombo, Nawangan dan terakhir di Bandar. ‎

“Pada hari kedua di Sudimoro, Ngadirojo, Tulakan dan Kebonagung, pada hari terakhir distribusi dilaksanakan di Pringkuku, Punung, Donorojo dan Pacitan,” tandas komisioner KPU divisi anggaran dan logistik ini.

Sebelum didistribusikan, KPU setempat telah melakukan proses pengemasan dengan memasukkan seluruh perangkat coblosan seperti surat suara, alat coblos, bantalan, formulir dan tinta ke dalam kotak suara.

Rini mengatakan, dalam proses pendistribusian juga akan melibatkan personil kepolisian serta panwaslih kecamatan. “Kami juga sudah berkoordinasi dengan beberapa satuan kerja terkait, seperti kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Bina Marga dan Pengairan, Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan PT Telkom, mereka siap membantu seandainya terjadi sesuatu hal diluar jangkauan manusia,” ungkapnya.

Dalam proses pendistribusian yang mulai berlangsung kemarin, KPU menerjunkan empat unit truk. Hal ini seperti yang dilakukan saat pemilihan umum legislatif dan presiden 2014. Namun, pengecekan logistik pada pilkada ini dilakukan secara berlapis. “Surat suara akan dihitung dan dicek ulang di PPK,” ucap dia.

Sesuai data KPU, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada  Pacitan tercatat sebanyak 467.890 jiwa pemilih yang tersebar di 12 kecamatan, 166 desa dan lima kelurahan. Dengan sebaran pemilih tersebut, KPU Pacitan menyiapkan 740 TPS untuk pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya dalam pilkada serentak 9 Desember mendatang. KPU setempat juga sudah mencetak surat suara sebanyak 484.237 lembar.  (yun/net/RAPP002)