Sebanyak 8 Puskesmas di Pacitan Mendapatkan Bantuan Pusling

oleh -Dibaca 1.448 kali
Mobil Pusling yang akan digunakan di 8 puskesmas di Pacitan.
Mobil Pusling yang akan digunakan di 8 puskesmas di Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN – Sebanyak delapan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Pacitan mendapatkan bantuan berupa delapan mobil puskesmas keliling (Pusling) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan.

Bantuan tersebut langsung diberikan oleh Bupati Pacitan, Drs H Indartato MM usai upacara peringatan ke-44 tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang juga dirangkaikan dengan peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan ke-16 dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51, Senin (30/11/2015) di halaman Pendopo Pacitan.

Sebagai informasi, Pusling adalah puskesmas yang melayani masyarakat dengan mendatangi daerah tertentu untuk membantu penderita yang tidak dapat mengunjungi puskesmas induk atau puskesmas pembantu. Pusling sendiri adalah kegiatan puskesmas yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terutama yang berhubungan dengan promotif dan preventif

Adapun, delapan Puskesmas yang menerima kendaraan Pusling tersebut adalah Puskesmas Kalak Kecamatan Donorojo, Puskesmas Punung, Puskesmas Gondosari Kecamatan Punung, Puskesmas Donorojo. Kemudian Puskesmas Ngadirojo, Puskesmas Pakisbaru Kecamatan Nawangan, Puskesmas Wonokarto Kecamatan Tulakan dan Puskesmas Jeruk Kecamatan Bandar.

Bupati Indartato menyerahkan kunci mobil Pusling kepada ketua Puskesmas di Pacitan. (Foto: pekathik Kadipaten/Humas Pemkab)
Bupati Indartato menyerahkan kunci mobil Pusling kepada ketua Puskesmas di Pacitan. (Foto: pekathik Kadipaten/Humas Pemkab)

Selain itu, fungsi dari Pusling adalah menunjang dan membantu melaksanakan kegiatan-kegiatan Puskesmas dalam wilayah kerjanya yang belum terjangkau oleh pelayanan kesehatan, dalam berbagai kegiatan, diantaranya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah terpencil yang tidak terjangkau oleh pelayanan Puskesmas atau Puskesmas Pembantu, melakukan penyelidikan tentang kejadian luar biasa.

Kemudian, fungsi pusling juga dipergunakan sebagai alat transpor penderita dalam rangka rujukan bagi kasus gawat darurat, melakukan penyuluhan kesehatan, bidan desa dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). (RAPP002)

Keterangan Foto: Delapan unit mobil Pusling diserahkan kepada 8 puskesmas di Pacitan oleh Bupati Indartato. (Foto: pekathik Kadipaten)