Lulus Enam Tatanan, Kunci Pacitan Raih Kabupaten Sehat Swastisaba Wistara 2015

oleh -Dibaca 876 kali
Bupati Indartato menyerahkan piagam kabupaten sehat kepada Ketua Forum Kabupaten Sehat Ahmad Munif Siradj. (Foto: Pekathik Kadipaten)
Bupati Indartato menyerahkan piagam kabupaten sehat kepada Ketua Forum Kabupaten Sehat Ahmad Munif Siradj. (Foto: Pekathik Kadipaten)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan kembali mengukir prestasi nasional di bidang kesehatan. Hal itu dipastikan setelah Pacitan meraih prestasi Kabupaten Sehat Swastisaba Wistara pada tahun 2015, yang diserahkan menteri Kesehatan Nila F Moeloek di Jakarta, Jumat (27/11/2015) lalu.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Pacitan saya mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat dan semua pihak atas diterimanya penghargaan ini. Mudah-mudahan hasil penilaian pemerintah pusat ini bisa membawa peningkatan derajat kesehatan di Kabupaten Pacitan sehingga lebih baik lagi,” ujar Bupati Pacitan, Drs H Indartato, MM usai menerima Piala di bidang kesehatan tersebut.

Menurut Indartato, raihan prestasi ini merupakan wujud kerja keras semua pihak, utamannya partisipasi seluruh masyarakat Kabupaten Pacitan dalam menjaga lingkungannya. “Secara bertahap mudah-mudahan ke depan kita dapat meraih Swasti Saba Wistara dengan sembilan tatanan,” ujar mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) ini.

Suksesnya Pacitan meraih supremasi tertinggi bidang kesehatan ini setelah dinyatakan lulus enam tatanan. Yakni pariwisata sehat, hutan sehat, lalu-lintas sehat, pemukiman sehat, masyarakat sehat dan mandiri, serta desa dengan ketahanan pangan dan gizi.

Dilansir laman SKPD Pacitan, Senin (30/11/2015), dari keenam tatanan tersebut, masing-masing berada di lokasi berbeda. Tatanan pariwisata sehat difokuskan di Pantai Klayar. Obyek wisata tersebut memiliki nilai lebih karena keberadaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang banyak berkontribusi menciptakan lingkungan sehat.

Adapun penilaian tatanan hutan sehat dilakukan di Desa Gayuhan, Kecamatan Arjosari. Sedangkan lalu-lintas sehat titik pantaunya berada di Dishubkominfo, dan untuk pemukiman sehat panitia memilih Desa Tanjungsari.

Sementara, untuk dua tatanan lain, yakni masyarakat sehat dan mandiri, serta desa dengan ketahanan pangan dan gizi masing-masing difokuskan di Desa Purworejo dan Sukoharjo. Keduanya di Kecamatan Pacitan. Seluruh kriteria berbasis penilaian terhadap semangat  gotong-royong masyarakat bagi terciptanya pola hidup sehat. (Pur/Riz/RAPP002)

Keterangan Foto: Bupati Indartato menyerahkan piagam kabupaten sehat kepada  Ketua Forum Kabupaten Sehat Ahmad Munif Siradj, Senin (30/11/2015) di Pendopo Kabupaten Pacitan. (Foto: Pekathik Kadipaten)