Piala Adipura Dikirab, Bupati Sampaikan Terimakasih untuk Pasukan Kebersihan Pacitan

oleh -624 views

Pacitanku.com, PACITAN – Setelah diserahterimakan oleh Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya pada Senin (23/11/2015) malam kemarin, Piala Adipura yang diperoleh Pacitan dikirab keliling di sejumlah wilayah di Pacitan pada Selasa (24/11/2015) yang dimulai sekitar pukul 13.10 WIB dengan menempuh jarak sekitar 30 kilometer.

Kirab Piala Adipura ke-8 Pacitan dimulai dari perbatasan Pacitan barat yakni Desa Cemeng Kecamatan Donorojo dan disambut meriah ratusan peserta konvoi baik yang menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Selanjutnya, piala diserahkan oleh Wakil Bupati Pacitan Soedjono mewakili Bupati Indartato kepada Camat Donorojo, Djoko Putro Utomo dan selanjutnya Piala Adipura diarak dengan mobil terbuka.

Selanjutnya, di masing-masing pergantian wilayah kecamatan,  Piala Adipura akan diserah terimakan kepada Camat masing-masing. Dalam kirab tersebut, diikuti oleh para perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pacitan dan masyarakat serta pasukan kebersihan setempat.

Kirab Piala Adipura ke-8 Kabupaten Pacitan. (Foto: Pekathik Kadipaten/Humas Pemkab)
Kirab Piala Adipura ke-8 Kabupaten Pacitan. (Foto: Pekathik Kadipaten/Humas Pemkab)

Setelah melalui sejumlah rute, diakhir kirab, lambang supremasi tertinggi dibidang kebersihan itu diterima langsung oleh Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Kebersihan (DCKTK), Edy Junan Achmadi, kemudian dan selanjutnya diserahkan kepada Bupati Pacitan Indartato.

Dalam keterangannya, Indartato menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat dan semua pihak yang berkontribusi membantu Pacitan meraih Piala Adipura ke-8 secara beruntun.

“Kami sampaikan ucapan terimakasih setinggi-tingginya kepada masyarakat dan semua pihak. Khususnya pasukan kebersihan, semoga lambang supremasi tertinggi dibidang kebersihan itu dapat dipertahankan dan bisa kembali diraih untuk tahun berikutnya,” jelasnya.

Prosesi akhir kirab Piala Adipura di Pendopo Kabupaten Pacitan. (Foto: Pekathik Kadipaten/Humas Pemkab)
Prosesi akhir kirab Piala Adipura di Pendopo Kabupaten Pacitan. (Foto: Pekathik Kadipaten/Humas Pemkab)

Lebih lanjut, Indartato menyampaikan bahwa penghargaan adipura adalah motivasi, yang terpenting dari penghargaan tersebut adalah keberhasilan kerjasama antara penyelenggara pemerintahan dengan seluruh element masyarakat dalam mengelola dan memelihara lingkungan.

“Dengan demikian, kerjasama pemerintah dengan masyarakat harus dipertahankan dan lebih ditingkatkan agar keberhasilan dan kehidupan masyarakat pacitan yang sehat dan sejahtera untuk kedepan bisa terwujud dan terus berlanjut,” pungkasnya.

Kemudian, Piala Adipura diserahkan kepada Wakil Ketua DPRD Pacitan, Mardiyanto, dan selanjutnya diserahkan kembali kepada Wabup Pacitan Soedjono. ‎

Sebagaimana diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, Pacitan bersama ratusan kota di Indonesia lainnya menerima penghargaan Piala Adipura yang diserahkan menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) Siti Nurbaya di Jakarta, Senin (23/11/2015) malam WIB. (RAPP002)