Peringatan Puncak HKN ke-51 Dipusatkan di Pacitan

oleh -Dibaca 1.241 kali

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim akan menggelar puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 di Pacitan pada 19-20 November 2015 dengan berbagai kegiatan di antaranya jalan sehat, bakti sosial, dan seminar. Dipilihnya Pacitan sebagai lokasi peringatan HKN karena Pacitan merupakan kabupaten yang berbatasan dengan provinsi lain yang sampai saat ini masih mengalami permasalahan kesehatan sangat kompleks.

Pada hari ini, Jumat (20/11/2015) Dinkes menggelar operasi bibir sumbing gratis, pelayanan kusta yang mencakup deteksi dini, perawatan luka, bedah rekontruksi, hingga kebutuhan kaki palsu. Selain itu juga ada tes intelegensia untuk murid SD, kunjungan pasien psikotik yang dipasung, dan pelayanan keswa untuk pasien berkebutuhan khusus atau pasien yang butuh dirujuk.

”Kami juga menggelar pemeriksaan kesehatan mata, refraksi mata, dan pembagian kacamata gratis,” ungkap Dr Harsono, Kepala Dinkes Jatim.     

Malam Keakraban Puncak HKN ke 51. (FOto: Eko Rias Prahmono/Pacitanku CJ)
Malam Keakraban Puncak HKN ke 51. (FOto: Eko Rias Prahmono/Pacitanku CJ)

Menurutnya, peringatan HKN sangat berharga bagi bangsa Indonesia untuk tetap fokus dan semangat membangun bangsa, khususnya di bidang kesehatan. ”Tema tahun ini Generasi Cinta Sehat, Siap Membangun Negeri sangat tepat karena mencerminkan semangat bangsa Indonesia,” tandas Harsono.

Selain itu, menurut Harsono, akselerasi pencapaian derajat kesehatan yang optimal dilakukan dengan kerjasama berbagai elemen yakni pemerintah, kepala daerah, dunia usaha, dan organisasi kemasyarakatan.

Peringatan HKI tahun ini merupakan momen untuk berbagai tantangan dan mengambil komitmen dalam mencapai derajat kesehatan. “Jatim mendukung sepenuhnya pembangunan kesehatan bentuknya dengan meningkatkan akses layanan kesehatan kepada masyarakat dan memasyarakatkan upaya proposi dan prevensi sebagai pilar pembangunan yang bisa dilaksanakan seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Senada dengan Harsono, One Widyawati, SKM, Mkes Kepala Bidang PSDK Dinkes Jatim mengatakan bahwa pada hari ini, dalam rangka HKN ke 51, masyarakat Pacitan berkesempatan mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. Bermacam layanan kesehatan diberikan oleh korps bhakti Husada secara gratis.

Senam bersama dalam rangka HKN. (Foto: Pekathik Kadipaten)
Senam bersama dalam rangka HKN. (Foto: Pekathik Kadipaten)

Menurut Widyawati, bhakti sosial kesehatan meliputi, deteksi dini faktor resiko PTM, pelayanan kesehatan paru, pelayanan kesehatan mata serta pelayanan dan opersi bibir sumbing. Selain itu juga diberikan layanan kesehatan gigi, pelayanan kusta masyarakat, pelayanan KB, pelayanan kesehatan jiwa dan pelayanan kesehatan tradisional.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, Rahmad Dwiyanto mengatakan, momentum HKN ini akan dijadikan refleksi pelayanan apa yang terbaik bagi masyarakat. Dengan semangat generasi cinta sehat siap membangun negeri, masyarakat harus diberikan pembelajaran untuk dapat berperilaku sehat (PHBS). “PHBS harus kita masyarakatkan, ditanamkan sejak dini sehingga membudaya,” tandasnya

Agenda puncak peringatan HKN juga akan digelar  malam keakraban puncak HKN dan pertemuan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se-Kabupaten Pacitan dan delegasi dari Jawa Timur di kompleks Pantai Buyutan, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Jumat (20/11). Rencananya, pertemuan Puskesmas tersebut akan dihadiri Wakil Gubernur (Wagub) Jatim Saifullah Yusuf. (RAPP002)