Satu Menit Hening Cipta untuk Hormati Para Pahlawan

oleh -Dibaca 1.454 kali

Pacitanku.com, PACITAN – Agenda peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada Selasa (10/11/2015) diperingati secara khidmat di berbagai tempat di Indonesia, mayoritas dengan menggelar upacara hari pahlawan.

Di Pacitan, tepatnya di kantor Samsat Pacitan, Jalan Brigjen Katamso, peringatan hari pahlawan dilakukan dengan cara mengheningkan cipta selama satu menit. Para petugas Samsat dan masyarakat yang sedang berada di kantor samsat menggelar aksi mengheningkan cipta selama satu menit untuk menghormati jasa pahlawan.

Pemandangan yang sama juga terjadi di ruas jalur utama di Pacitan, dimana petugas dari TNI/Polri, Dishub, maupun Satpol PP tampak bersiaga dan meminta pengguna jalan yang melintas untuk berhenti untuk mengheningkan cipta sejenak.

Sementara, di Halaman pendopo Kabupaten, Hari Pahlawan diperingati dengan menggelar upacara bendera. Bupati Pacitan, Indartato yang memimpin langsung jalanya upacara membacakan amanat menteri Sosial RI.

“Peringatan Hari Pahlawan tahun 2015 difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia sebagai representasi pengakuan, penghormatan, dan penghargaan dari nilai-nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan bernegara pada waktu kini dan akan datang,” katanya, sebagaimana dilansir dari laman SKPD Pacitan.

Momentum hari pahlawan, kata Indartato, diharapkan sebagai momentum dan langkah baru untuk membangun keyakinan dan optimisme sebagai warga bangsa untuk dijadikan landasan revolusi karakter bagi bangsa Indonesia menjadi negara maju dan bermartabat.

Tak jauh dari halaman pendopo, yakni di Pendop Kabupaten, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah menggelar bedah buku dan sarasehan yang diikuti para pelajar di Pacitan. (Riz/SKPD/RAPP002)