Gerindra Abstain di Pilkada Pacitan dan Surabaya, Ini Alasannya

oleh -13457 views
Ilustrasi Pilkada
Ilustrasi Pilkada

Pacitanku.com, SURABAYA – Agenda pesta demokrasi di dua daerah, yakni Surabaya dan Pacitan, Jawa Timur diwarnai aksi abstain Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Jatim, Soepriyanto, partainya menegaskan hingga saat ini tak akan mengikuti proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Surabaya dan Kabupaten Pacitan.

Sikap ini dipilih karena kedua daerah di Jatim ini dinilai tak memenuhi syarat mengikuti Pilkada Serentak pada Desember 2015.“Gerindra memilih konsiten pada keputusan awal, baik di Surabaya juga di Pacitan kita sama-sama abstain,” katanya, sebagaimana dilansir Lensa Indonesia, kamis kemarin,

Alasan lainnya, kata Soepriyanto, Gerindra tak mau meninggalkan kawan, khususnya di Pilkada Surabaya bersama Koalisi Majapahit yang lalu. “Kita nggak mau meninggalkan kawan yaitu Koalisi Majapahit. Kita tahu sendiri dalam Koalisi Majapahit itu keputusannya kan jelas minta diundur 2017, dan kami harus konsisten,” jelasnya.

Lebih lanjut, Pri menegaskan bahwa Pilkada Surabaya dan Pacitan dinilai sudah kacau dari awal sehingga Gerindra tak mau terlibat dalam aksi kekacauan tersebut. Belum lagi ditambah kesulitan menghadapi pasangan incumbent yang dinilai sangatlah sulit untuk dikalahkan oleh calon pasangan lainnya. (LI/RAPP002)