Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Rupiah, BI Gelar Wayangan di Pacitan

oleh -13632 views
Wayangan Peringatan HUT SMAN 271 Pacitan. (Foto : Shultan)
Wayangan Peringatan HUT SMAN 271 Pacitan. (Foto : Shultan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bank Indonesia (BI) menggelar berbagai kegiatan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap rupiah. Hal itu digelar kantor BI perwakilan Kediri, Jawa Timur di Pacitan, Sabtu (10/10/2015) kemarin.

Berbagai acara pun digelar, diantarnya adalah kegiatan edukasi BI Mengajar di SMA Negeri 1 Pacitan dan BI Mendongeng kepada pelajar Sekolah Dasar. Acara yang dikemas dengan kearifan budaya lokal tersebut dikemas dengan tema pengenalan Uang Rupiah melalui wayang kulit dengan dalang Ki Cahyo Kuntadi, Sabtu (10/10), di Alun-alun Pacitan yang dihadiri oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Ronald Waas.

Selain itu, BI juga berkomitmen terhadap pemberdayaan sektor riil dan UMKM, dan digelar Bazaar UMKM untuk mempromosikan produk lokal unggulan dan pemberian bantuan sarana pendukung kegiatan usaha kepada pelaku usaha komoditas lokal. 

Dalam keterangan persnya, tujuan penyelenggaraan kegiatan adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap diberlakukannya Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 17/3/PBI/2015 tanggal 31 Maret 2015 mengenai kewajiban penggunaan Rupiah di wilayah NKRI, ciri-ciri keaslian uang Rupiah, memotivasi pelaku UMKM agar lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan dan mendistribusikan produk-produk unggulan yang berdaya saing.

Selain itu juga mendorong perluasan penggunaan instrumen pembayaran nontunai melalui program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Hal tersebut, merupakan komitmen Bank Indonesia untuk selalu hadir di seluruh penjuru negeri dalam melayani ketersediaan uang Rupiah, dan menyediakan sistem pembayaran yang lancar, aman dan efisien BI untuk mendukung terwujudnya pertumbuhan ekonomi Indonesia. (RAPP002)