Debat I Pilkada Pacitan: Indigo Akan Perbaiki Faskes dan Tambah Dokter Spesialis

oleh -10886 views
INdartato berdialog dengan pedagang pasar Punung. (Foto: Dian Budi ANggraeni/FB)
INdartato berdialog dengan pedagang pasar Punung. (Foto: Dian Budi ANggraeni/FB)

Pacitanku.com, PACITAN – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Indartato-Yudi Sumbogo (Indigo) akan terus mengupayakan perbaikan fasilitas kesehatan (faskes) didaerahnya. Hal tersebut disampaikan oleh cabup Indartato saat menyampaikan pemaparan program dalam debat publik Pilkada Pacitan, Senin (28/9) malam WIB, di gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), Baleharjo Pacitan.

Penambahan dokter spesialis tersebut akan dilakukan Indartato dengan menyekolahkan dokter-dokter umum menjadi dokter spesialis. “Saat ini RSUD Pacitan memiliki 18 dokter dengan keahlian khusus, upaya menyekolahkan dokter umum‎ menjadi dokter spesialis akan menjawab keluhan masyarakat akan pelayanan kesehatan selama ini,” tandasnya.

Dengan semakin lengkapnya faskes ditambah dokter spesialia, imbuh Indartato, masyarakat akan dimudahkan. “Selain enambahan tenaga dokter sepesialis yang ada, juga evaluasi secara rutin di pusat layanan kesehatan, sehingga dengan lengkapnya fasilitas kesehatan, maka rakyat tidak perlu lagi belajar ke luar derah” terang mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pacitan ini.

Selain di bidang kesehatan, menurut Indartato, ada dua poin utama yang perlu dijalankan dalam menyukseskan pengembangan sumberdaya manusia (SDM) dan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Pertama, profesional birokrasi dan kedua berpedoman pada ekonomi kerakyatan.

Indartato mengakui, selama hampir lima tahun menjabat sebagai kepala daerah masih banyak persoalan-persoalan, khususnya terkait peningkatan SDM yang belum sepenuhnya tuntas. Meski diakuinya angka partisipasi kasar (APK) masyarakat dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan. “Masih banyak persoalan, khususnya peningkatan SDM yang belum sepenuhnya tuntas. Namun kami akan berupaya sekuat tenaga mengatasi persoalan tersebut,” katanya.

Sebagaimana diketahui, debat Pilkada Pacitan yang digelar di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) tersebut merupakan debat edisi perdana. Adapun, debat akan dilanjutkan pada 26 Oktober dan 25 November dengan tema yang berbeda.

Pasangan Indigo sendiri diusung oleh Partai Demokrat dan diusung Partai Keadilan Sejahtera, Partai Nasional Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan. Dalam Pilkada 9 Desember mendatang, Indigo berada di nomor urut satu. (RAPP002)