Distribusi Daging Kurban di Pacitan Belum Merata

oleh -10872 views
Suasana pembagian daging kurban di Kelurahan Pacitan. (Foto : Wasi Prayitno)
Suasana pembagian daging kurban di Kelurahan Pacitan. (Foto : Wasi Prayitno)

Pacitanku.com, PACITAN – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pacitan mencatat bahwa distribusi daging kurban di Pacitan belum menyentuh seluruh wilayah di Pacitan.

Menurut Kasi Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Pacitan, Bambang Hadi Suprapto dalam keterangannya, Rabu (23/9/2015), pihaknya mencatat, masih ada sekitar 30 hingga 40 persen wilayah yang belum merasakan pemerataan daging kurban. “Rata-rata wilayah tersebut berada di pelosok jauh dari keterjangkauan,” ujarnya, seperti dilansir laman SKPD Pacitan.

Lebih lanjut, Bambang menyampaikan bahwa jangkauan yang jauh menjadi persoalan utama sulitnya distribusi. Selain itu, kondisi ekonomi serta kesadaran masyarakat setempat dalam berqurban juga memengaruhi.

Untuk itu, pihaknya selalu melakukan pendekatan kepada kelompok qurban atau organisasi kemasyarakatan,agar distribusi daging qurban dapat diarahkan ke wilayah-wilayah tersebut. “Kita hanya bisa mengimbau karena mereka memiliki peta distribusi sendiri-sendiri,” imbuhnya.

Namun demikian, Bambang mencatat hal positif, dimana kesadaran masyarakat untuk berkurban dari tahun ke tahun semakin meningkat. Data jumlah hewan qurban tahun 2014 di Kabupaten Pacitan mencapai 5.993. Jumlah itu terdiri dari qurban kambing 5.420 ekor serta sapi 573 ekor.

Sebagaimana diketahui, di Kabupaten Pacitan pada hari ini sudah digelar Sholat Idul Adha untuk Muhammadiyah Pacitan, sementara besok juga akan digelar shalat ied sesuai arahan dari pemerintah pusat melalui Kemenag. Untuk penyembeliha hewan kurban sendiri direncanakan akan digelar setelah shalat ied pada hari kamis besok. (Riz/RAPP002)