Siaga Dini Bencana, BPBD Pacitan Gelar Pelatihan Mitigasi Berbasis Sekolah

oleh -10668 views
Sekolah Mitigasi bencana di SMPN I Tegalombo. (Foto: Bambang/Pacitanku)
Sekolah Mitigasi bencana di SMPN I Tegalombo. (Foto: Bambang/Pacitanku)

Pacitanku.com, TEGALOMBO– Sebagai daerah rawan bencana, Kabupaten Pacitan memiliki potensi bencana yang cukup banyak. Hal itu membuat segenap elemen masyarakat Pacitan siap siaga dalam antisipasi terhadap bencana. Salah satunya adalah di sekolah, guru dan siswa harus memiliki kesadaran penuh akan bencana yang mengintai setiap saat.

Hal itu disampaikan oleh Ratna Budiono, Kepala Sie Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, saat menyampaikan materi tentang pelatihan mitigasi bencana berbasis sekolah, Jumat (18/9/2015) di SMPN I Tegalombo, Pacitan.

Meski pelatihan mitigasi ini masih berupa materi awal yang diharapkan bisa menggugah kesadaran akan kesiapsiagaan bencana di lingkungan sekolah. Dalam agenda yang diikuti 20 peserta dari unsur guru dan karyawan SMPN I Tegalombo tersebut, diharapkan bisa terbentuk program sekolah berbasis bencana (SSB).

“Tujuan SSB ini kedepannya adalah membentuk kesiapsiagaan para guru dan terutama siswa sekolah dalam menghadapi bencana, karena dari dampaknya yang terjadi, para siswa mempunyai kerentanan yang tinggi dibandingkan dengan yang lainnya,” ujar Ratna.

Reporter: Bambang El Pacitano

Redaktur: RAPP002