Mahasiswi Asal Donorojo Ini Kena Tipu Polisi Gadungan yang Minta Pulsa

oleh -103.606 views
Foto ilustrasi penipuan

Pacitanku.com, NGAWI – Duh, lagi-lagi penipuan dengan kedok mengaku sebagai aparat kepolisian terjadi. Kali ini, Neli Aprilisiani, seorang mahasiswi dari Donorojo, Pacitan yang sedang kuliah di Universitas Suryo, Kabupaten Ngawi menjadi korban penipuan tersebut.

Hal itu diketahui setelah Neli melapor ke kepolisian setempat karena merasa menjadi korban penipuan seseorang yang mengaku sebagai anggota polisi, Senin (14/9). Neli  mendapat telepon dari seorang pria yang mengaku polisi bernama Budi Irawan dengan pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP). “Pelaku menelepon saya, katanya teman dekat saya mengalami kecelakaan. Dan dalam kecelakaan itu, lawan dari teman saya meninggal dunia,” kataNeli sebagaimana dikutip dari antaranews.com.

Neli menyebut, pelaku yang menelepon korban dengan nomor 081289853913 itu kemudian menawarkan bantuan kepada korban untuk bisa menyelesaikan kasus kecelakaan yang menimpa temannya dengan syarat memberikan jaminan uang. Karena korban tidak memiliki uang, akhirnya sang perwira palsu itu meminta korban mengirim pulsa ke beberapa nomor telepon senilai Rp550 ribu.

Neli baru sadar jika ditipu setelah menghubungi teman dekatnya yang ternyata kondisinya sehat dan tidak mengalami kecelakaan seperti yang dikabarkan polisi palsu tersebut. “Merasa ditipu, saya lalu melaporkan kejadian ini ke kantor polisi terdekat dengan menyerahkan semua bukti nomor telepon yang minta dikirimi pulsa,” tandasnya.

Pihakya juga menjelaskan, peristiwa yang dialaminya kiranya dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat agar tidak mudah percaya dan mengecek dahulu kebenaran kabar yang dimaksud. Kini kasus penipuan tersebut masih dalam penyelidikan kepolisian setempat. Polisi selanjutnya akan melacak keberadaan nomor yang digunakan oleh pelaku, baik yang digunakan untuk menelepon korban ataupun yang dikirimi pulsa oleh orang tak dikenal. (Antara/RAPP002)