Pekan Depan, KPU Tetapkan DPS Pilkada Pacitan 2015

oleh -10688 views
Rapat Pleno DPS di Hotel Srikandi, Selasa (1/9/2015). (Foto: Hernawan AP)
Rapat Pleno DPS di Hotel Srikandi, Selasa (1/9/2015). (Foto: Hernawan AP)

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan akan segera mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) kepada masyarakat untuk selanjutnya dimintai pendapat akhir sebelum penentuan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Pacitan. Sesuai jadwal, KPU akan mengumumkan DPS kepada masyarakat sekaligus tanggapan atas DPS tersebut pada Rabu (10/9/2015) pekan depan.

Sebelumnya, pada hari ini, Selasa (1/9/2015) KPU telah terlebih dahulu menyerahkan DPS kepada tim Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati serta kepada Ketua Panwas Kabupaten Pacitan usai rekapitulasi DPS dalam rapat pleno di aula utama Hotel Srikandi, Pacitan. Agenda penyerahan DPS ini juga dirangkaikan bimbingan teknis (bintek) kampanye.

“Selain itu, juga evaluasi daftar pemilih hasil perbaikan (DPHB) serta penetapan menjadi daftar pemilih sementara (DPS). setelah itu kita akan menyusun DPS perbaikan sebelum proses penetapan daftar pemilih tetap (DPT),” ujar Sittah Anangimah AQ, S.Pt, komisioner KPU Pacitan.

Sittah menyampaikan, bahwa dalam proses penyusunan DPT hingga penetapan berlangsung satu sampai dua Oktober mendatang. ‎Setelah itu, KPU juga akan membuka kesempatan DPT tambahan pertama, seandainya ada jiwa pilih yang belum terdaftar.

“Kalaupun masih ada jiwa pilih yang belum terdaftar juga, akan disikapi pada DPT P2 pada hari pemungutan suara dengan menunjukan KTP yang sealamat dengan TPS,” jelasnya.

Pengumuman akhir DPT sendiri akan dilaksanakan oleh masing-masing PPS di Pacitan pada 12 Oktober bulan depan.

Sebagai informasi, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun lalu, total jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Pacitan yang mencapai 461.268 jiwa. Sementara warga Pacitan yang menggunakan hak pilihnya adalah 321.214 atau 69,64%. Sedangkan 140.054 warga atau 30,36% warga Pacitan yang terdaftar sebagai pemilih tidak menggunakan hak pilihnya. DPS Pilkada Pacitan tahun ini menurut data KPU adalah 475.243 atau meningkat 13975 dari DPT Pilpres 2014 lalu. (RAPP002)