Kala Rontek Pacitan Semarakkan Festival Lima Gunung di Magelang

oleh -13912 views
Deling Sakti Arjosari menjadi juara umum Festival Rontek Pacitan 2014. (Foto : Doc.Info Pacitan)
Deling Sakti Arjosari menjadi juara umum Festival Rontek Pacitan 2014. (Foto : Doc.Info Pacitan)
Deling Sakti Arjosari menjadi juara umum Festival Rontek Pacitan 2014. (Foto : Doc.Info Pacitan)
Deling Sakti Arjosari menjadi juara umum Festival Rontek Pacitan 2014. (Foto : Doc.Info Pacitan)

Pacitanku.com, MAGELANG – Tim Rontek Pacitan menyuguhkan lagu-lagu perjuangan di panggung utama Festival Lima Gunung XIV di kawasan Gunung Andong Dusun Mantr Wetan, Girirejo, Ngablak, Kabupaten Magelang,akhir pekan lalu.

Lagu seperti sorak-Sorak Bergembira, Maju Tak Gentar dan Tanah AirkuGaruda di Dadaku menjadi hiburan tersendiri dalam festival lima gunung tersebut. Meurut pelatih  Rontek Pacitan yang pemusik Misbah Bilok mengatakan penampil sekitar 80 orang dari dua grup, yakni Komunitas Rontek Song Meri Desa Sukoharjo dan Sanggar Pradnya Desa Arjowinangun, keduanya di Pacitan. “Persiapan untuk menampilkan ‘performance art’ musik ini sekitar satu bulan,” katanya.

Lebih lanjut, Misbah menyampaikan bahwa Rontek merupakan singkatan dari kata ronda dan tektek, yang terinspirasi oleh tradisi masyarakat ronda di kampung masing-masing. Selain itu, ujar dia, musik rontek juga ditabuh warga dengan berjalan kaki saat Ramadhan untuk membangunkan masyarakat melaksanakan sahur.

Sejumlah alat musik Rontek, antara lain kentongan, beduk, kendang, bonang dan gong. Sedangkan penampil menggunakan properti berbahan alam dan sebagian lainnya mengenakan topeng.

Ia mengatakan selama beberapa tahun terakhir, di Pacitan juga diselenggarakan Festival Musik Rontek dengan kelompok tersebut yang ikut tampil dalam kegiatan seni budaya di daerah pesisir itu. “Keikutsertaan dalam pentas di Festival Lima Gunung ini juga menjadi kesempatan kami untuk memperkuat keyakinan menggelar festival secara layak, dengan daya kerja yang baik,” kata dia. 

Festival Lima Gunung diselenggarakan secara mandiri, tanpa sponsor, dan tidak terkait dengan penilaian lomba, oleh para seniman petani yang tergabung dalam Komunitas Lima Gunung Kabupaten Magelang (Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, dan Menoreh). Festival yang ke-14 tahun itu, berlangsung di dua lokasi, yakni kawasan Gunung Andong Dusun Mantran Wetan dan Gunung Merapi Dusun Tutup Ngisor, Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang selama 14-17 Agustus 2015.

Sekitar 800.1.000 orang tampil dalam festival tersebut yang antara lain berupa pentas tari, musik, pembacaan puisi, kirab budaya, sarasehan budaya, pidato kebudayaan, peluncuran buku, peresmian masjid, dan peringatan HUT Ke-70 RI. Mereka yang pentas, selain seniman Komunitas Lima Gunung, berbagai kelompok kesenian di desa-desa sekitar lokasi festival, para seniman dan kelompoknya dari berbagai kota serta luar negeri yang berjejaring dengan komunitas tersebut.

Festival rontek di Pacitan sendiri akan mulai digelar pada Jumat malam, (21/8/2015) atau malam ini. (RAPP002)