Resmi, PDIP Usung Bambang-Dewanti di Pilkada Pacitan

oleh -131.075 views
Pasangan Bambang-Dewanti yang diusung PDIP-Hanura. (Foto: Wildan/PPK)
Pasangan Bambang-Dewanti yang diusung PDIP-Hanura. (Foto: Wildan/PPK)
Pasangan Bambang-Dewanti yang diusung PDIP-Hanura. (Foto: Wildan/PPK)
Pasangan Bambang-Dewanti yang diusung PDIP-Hanura. (Foto: Wildan/PPK)

Pacitanku.com, PACITAN – Harapan publik Pacitan untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pacitan tahun ini sepertinya bakal terwujud. Hal itu dipastikan setelah Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan resmi berkoalisi dengan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mengusung Bambang Susanto-Sri Retno Dhewanti sebagai calon bupati-wakil bupati Pacitan di Pilkada Pacitan.

Pendaftaran pasangan calon Bambang-Dewanti tersebut dilakukan pada hari kedua masa perpanjangan pendaftaran Pilkada, Senin (10/8/0215) sore di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Pacitan, Jalan Veteran no 66 Pacitan.

Pendaftaran Bambang-Dewanti sendiri diiringi ratusan massa PDIP yang berkonvoi di jalur protokol Pacitan sejak Senin Siang. Pendaftaran Paslon Bambang-Dewanti sendiri dihadiri oleh tokoh penting kedua partai, diantaranya Ketua DPC PDIP Mardiyanto, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Giyanto, sejumlah tokoh Partai Hanura dan puluhan massa dari PDIPdan Hanura.

Dengan didaftarkannya Bambang-Dewanti, rencana PDIP memajukan Suyatno yang merupakan kader PDIP Pacitan dipastikan gagal. Selain itu, jika pasangan ini lolos tahap pemberkasan dan verifikasi oleh KPUD, dipastikan Bambang-Dewanti yang diusung PDIP, Hanura dan PAN akan menantang Indartato-Yudi Sumbogo yang diusung Partai Demokrat dan didukung Partai Nasdem, PKS dan PPP.

Hitungan matematis, kekuatan dua kubu adalah untuk pasangan Indartato-Yudi adalah 20 kursi dewan yang terdiri dari Partai Demokrat (14 kursi), Nasdem (3), PPP (2) dan PKS (1). Sementara, pasangan Bambang-Dewanti memiliki kekuatan 9 kursi yang terdiri dari PDIP (6),  dan Hanura (3).

Di sisi lain, Partai Golkar (7 kursi) dan Partai Gerindra (2) dan PAN (2) hingga berita ini diturunkan belum memutuskan akan berlabuh ke kubu mana, karena kedua partai tersebut masih bisa mengusung calon sendiri di Pilkada Pacitan. Sebagai informasi, untuk syarat minimal mengusung calon di Pilkada Pacitan adalah 8 kursi.

Majunya Bambang-Dewanti sendiri juga cukup mengejutkan, mengingat dua nama ini tak pernah masuk dalam kandidat yang muncul. Jika keduanya lolos, dipastikan Pilkada Pacitan akan tetap digelar Rabu 9 Desember 2015 mendatang. Penutupan pendaftaran Pilkada Pacitan sendiri adalah Selasa (11/8/2015) besok pukul 16.00 WIB. (RAPP002)