Perlancar Arus Mudik, Polres Pacitan Siapkan 196 Personel dan 8 Pos Pengamanan

oleh -10687 views
Bupati Pacitan mengecek kesiapan operasi Ketuapt 2015
Bupati Pacitan mengecek kesiapan operasi Ketuapt 2015
Bupati Pacitan mengecek kesiapan operasi Ketuapt 2015
Bupati Pacitan mengecek kesiapan operasi Ketuapt 2015 (Foto: Pid Humas Polres Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Sepekan jelang Lebaran, Kepolisian Resor (Polres) Pacitan menggelar operasi untuk memperlancar arus mudik di Pacitan. hal itu ditandai dengan diresmikannya operasi khusus Lebaran bersandi Ketupat Semeru 2015.

Menurut Kepala Polres Pacitan, AKBP Taryadi, melibatkan 196 personel dari seluruh jajaran. “Aparat selanjutnya akan bertugas di 8 pos pengamanan, 1 pos pelayanan, dan 2 pos pantau. Mereka juga  patroli ke titik-titik rawan,” katanya usai apel Operasi Ketupat Semeru, Kamis (9/7/2015) lalu di halaman Mapolres Pacitan.

Gelar pasukan yang dipimpin inspektur upacara Bupati Pacitan tersebut diikuti oleh 196 personel Polres Pacitan, Kodim 0801, Polisi Militer (PM), Dishub, Kamladu, BNPB, Damkar, Dishub, Senkom, Pramuka dan instansi lain yang terkait dengan operasi.

Adapun, delapan pos pengamanan tersebut adalah di kompleks Pantai Teleng Ria,  Terminal Pacitan, Arjowinangun, Arjosari, Gemaharjo, Punung, Goa Gong, dan Pantai Klayar. Sementara, dua pos pantau terletak di Blirukdan pertigaan Bulu.

Sementara itu, di Surabaya, Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf menilai program mudik gratis itu sangat membantu. “Angka kecelakaan memang cenderung menurun pada tahun lalu, namun kendaraan roda dua tetap mendominasi, karena itu mudik gratis akan mengurangi pengguna kendaraan roda dua,” imbuhnya.

Namun, katanya, bila masyarakat terpaksa mudik dengan kendaraan roda dua, maka hendaknya melapor ke aparat kepolisian setempat agar ada dikawal secara berkelompok. (RAPP002)