Keistimewaan Batu Akik Red Baron dan Golden Supreme Pacitan

oleh -Dibaca 3.873 kali
red baron. (Foto: Akikpedia)
red baron. (Foto: Akikpedia)
red baron. (Foto: Akikpedia)
red baron. (Foto: Akikpedia)

Pacitanku.com, PACITAN – Batu akik jenis Red Baron asal Pacitan sangat diminati para kolektor mata cincin yang sekarang sedang naik daun ini.  Red Baron (kelas calcedony) memiliki kualitas unik yang tak bisa ditemukan di tempat lain. Salah satu yang termahal adalah batu jenis Calcedony yang bercorak gambar alam pun bernilai tinggi, hingga Rp 120 juta.

Selain Red Baron, varian Chalsedony atau Kalsedon lainnya yang cukup dikeal dan memiliki harga tinggi adalah varian jenis Golden Suprime. Varian ini satu-satunya batu Calsedon yang hanya bisa ditemui di Desa Gendaran.

Keistimewaan batu Golden Suprime adalah berwarna putih cerah namun apabila terkena pantulan sinar akan tampak sinar keemasan.  Sering juga disebut dengan jenis emas terbaik karena memiliki warna kuning kemasan menyerupai logam mulia emas. Di luar negeri batu klasifikasi ini sering disebut dengan Yellow Chalcedony.

Specimen batuan ini mulai dikenalkan kepada public sekitar bulan April tahun 2013 lalu, adapun specimen yang didapatkan pertama kali memiliki warna yang muda dan bias sinar yang lembut, namun inklusi dalamnya menunjukkan serat yang kasar. (RAPP002)