Jalan Amblas Gemaharjo Hambat Transportasi Selama Beberapa Bulan

oleh -0 Dilihat
Jalur di Dondong, Gemaharjo kembali amblas. (Foto: Fajar)
Jalur di Dondong, Gemaharjo kembali amblas. (Foto: Fajar)
Jalur di Dondong, Gemaharjo kembali amblas. (Foto: Fajar)
Jalur di Dondong, Gemaharjo kembali amblas. (Foto: Fajar)

Pacitanku.com, PACITAN – Jalan amblas yang terjadi di Dusun Ndondong, Desa Gemaharjo, Tegalombo memakan lebih dari separuh jalan. Jalan yang amblas pada Senin (4/5/2015) tersebut membuat arus distribusi dan transportasi dipastikan terhambat.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi (Dishubkominfo) Pacitan, Widy Sumardji memprediksi arus lalu lintas terhambat akibat kerusakan jalan itu hingga beberapa bulan ke depan. Sebab Unit Pelaksana Teknis Bina Marga Provinsi Jawa Timur di Pacitan selaku penanggung jawab perbaikan jalan masih mengkaji ihwal teknologi yang bakal diterapkan. 

“Truk tronton yang mengangkut barang lebih dari 10 ton kami alihkan lewat Wonogiri, kemudian (jalur tersebut-red) perlu diperbaiki dengan standar teknologi pembangunan yang tepat. Kalau tidak, sangat mungkin jalan ambles lagi ,”’ kata Widy, sebagaimaan dilansir Tempo, Rabu (6/5/2015).

Sebagaimana diketahui, salan raya provinsi yang rusak di kilometer 225 itu sepanjang 20 meter. Adapun kedalamannya 15-30 sentimeter. Dalam peristiwa serupa pada 22 April lalu, kedalaman jalan yang rusak hanya 10-15 sentimeter.

Terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pacitan Tri Mudjiharto mengatakan potensi ambles di titik jalan tersebut sangat tinggi. Sebab di bawah bangunan jalan provinsi tersebut terdapat aliran sungai. Ketika kendaraan berat terus-menerus melintas, kerusakan serupa akan terus terjadi. (Tempo/RAPP002)