Mayday, Ribuan Buruh di Pacitan Malah Jalan Sehat

oleh -10700 views
Peringatan hari buruh (Foto: SKPD Pacitan)
Peringatan hari buruh (Foto: SKPD Pacitan)
Peringatan hari buruh (Foto: SKPD Pacitan)
Peringatan hari buruh (Foto: SKPD Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Hari Buruh yang biasanya diperingati dengan aksi, dimanfaatkan berbeda sekitar 1500 buruh yang berada di Pacitan. Tercatat, para buruh dan karyawan dari 34 perusahaan ambil bagian dalam acara gerak jalan. Aksi damai ini merupakan bagian dari peringatan hari buruh Internasional di Pacitan, Jumat (1/5/2015), bertajuk Mayday 2015.

Menurut Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Sunaryo,keberadaan para pekerja merupakan potensi. Karena eksistensinya investor mau dan percaya menanamkan modalnya di Pacitan.Bai pengusaha, buruh, dan pemerintah merupakan sinergi untuk membangun Pacitan.

Iring-iringan para peserta gerak jalan diberangkatkan langsung Bupati Indartato di tribun alun-alun barat, Jl. Imam Bonjol. Massa yang mengenakan atribut warna-warni dari masing-masing perusahaan lalu berjalan menyusuri jalan-jalan utama Kota 1001 Gua. Mulai Jl Ahmad Yani, Letjen Suprapto, MT Haryono, Gatot Subroto, dan berakhir kembali di Alun-alun Pacitan. Total jarak tempuh mencapai 4 km.

Bupati Indartato menyambut baik kegiatan yang difasilitasi dinas terkait dengan melibatkan seluruh perusahaan. Memang, selama ini Mayday selalu diperingati para buruh di Pacitan. Hanya saja, pelaksanaannya dilakukan di masing-masing perusahaan. Aksi terpadu yang baru pertama kali dipusatkan di alun-alun nantinya akan menjadi agenda rutin.

” Ini bukti bahwa peringatan hari buruh tidak selalu dengan demonstrasi. Kita tunjukkan Pacitan aman dan damai agar para investor mau datang ke Pacitan,” katanya, dilansir laman resmi SKPD Pacitan.

Sebagai puncak acara, para peserta gerak jalan dihibur dengan panggung hiburan musik dangdut. Panitia juga membagikan hadiah yang dapat ditukar dengan kupon yang dibagi sebelum gerak jalan dimulai. Sebagai ujud rasa kebersamaan, mereka menyantap nasi bungkus yang disediakan panitia.(Pur/Riz/SKPD/RAPP002)