Sumber Pendapatan Pacitan Tergantung Pusat, Pembangunan Infrastuktur Kurang Maksimal

oleh -13451 views
Jalan Rusak di Bandar (Dok.Pacitanku)
Jalan Rusak di Bandar (Dok.Pacitanku)
Salah satu infrastuktur jalan di Pacitan yang belum tergarap. (Foto : Tri Wiyoko/FB)
Salah satu infrastuktur jalan di Pacitan yang belum tergarap. (Foto : Tri Wiyoko/FB)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan, Drs H Indartato, MM menyampaikan bahwa sumber pendapatan Kabupaten Pacitan masih sangat bergantung dengan kebijakan pusat. Hal inilah yang menjadikan Pacitan harus pandai menerapkan sekala prioritas dalam menjalankan roda pembangunan. Hal itu disampaikan Indartato saat membuka Seminar Kebijakan APBN dan Dana Transfer ke Daerah Di Gedung Karya Dharma, Senin (27/04).

Bupati mengungkapkan, bukan hanya karena Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pacitan yang kecil, masih tingginya belanja pegawai menjadi kendala memeratakan pembangunan.”Sumber pendapatan kita sangat kecil, untuk itu Pacitan masih sangat tergantung pemerintah pusat,” katanya, seperti dilansir laman resmi SKPD Pacitan.

Lebih lanjut, Indartato menjabarkan dalam pendapatan daerah 2014, dari pendapatan daerah sebesar Rp.101 Milyar,sumbangan daerah hanya 8 persen saja. Sisanya 64 persen dari dana perimbangan dan 27 persen dari lain lain pendapatan yang sah.

Kondisi ini terang Bupati Indartato, membuat Kabupaten Pacitan sulit berkembang cepat. Indikasinya jelas, infrastruktur yang seharusnya  dapat dinikmati masyarakat,menjadi kurang terlayani maksimal. Salah satu contohnya adalah Pemenuhan infrastruktur jalan.

“Sarana Transportasi di Pacitan itu saat ini benar-benar butuh pembiayaan yang besar. Dari panjang jalan kabupaten 798 km, hanya 42 persen yang kondisinya baik. Sedangkan sisanya, rusak. Pun demikian dengan pengerasan dengan aspal masih menyisakan 8 persen,” pungkasnya. (Riz/SKPD/RAPP002)