Empat Sekolah di Pacitan Ajukan Sebagai Adhiwiyata

oleh -131.609 views
SMAN Tulakan. (Foto: Situs SMAN Tulakan)
SMAN Tulakan. (Foto: Situs SMAN Tulakan)
SMAN Tulakan. (Foto: Situs SMAN Tulakan)
SMAN Tulakan. (Foto: Situs SMAN Tulakan)

Pacitanku.com, PACITAN – Empat sekolah di Kabupaten pacitan, kembali mengajukan diri sebagai sekolah Adhiwiyata. Keempatnya adalah SMAN Tulakan, SMPN Kebonagung, SMKN Pringkuku serta SMPN I Arjosari. 

Berbeda dengan pendahulunya yang sudah meraih Adhiwiyata nasional, Keempat lembaga sekolah ini baru masuk penilaian provinsi. Verifikasi faktual tim penilai Adhiwiyata akan melihat langsung kondisi sekolah serta kegiatan apa yang berbasis lingkungan.
Menurut Kepala Kantor lingkungan Hidub (KLH) Pacitan T. Andi Faliandra, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi sekolah untuk dapat mengajukan diri sebagai sekolah Adhiwiyata. Diantaranya, menerapkan kurikulum yang berwarna lingkungan hidub, pengaturan anggaran untuk lingkungan hidub serta pemenuhan saran dan prasarana yang mendukung kebersihan lingkungan. ” Intinya sekolah Adhiwiyata ini harus peduli dan mendukung upaya kelestarian lingkungan ,” kata Andi, dilansir dari laman SKPD Pacitan, Sabtu (18/4/2015).
Lebih lanjut Andi Faliandra berharap sukses sebelumnya akan kembali diukir keempat sekolah. Tahun 2013 Kabupaten Pacitan meraih Adhiwiyata nasional yang diwakili SD Alam serta SMPN I Pacitan. Disusul tahun berikutnya SMPN Pringkuku serta SDN Baleharjo II. 
Tahun ini baik SD Alam Maupun SMPN I Pacitan akan mengajukan diri menjadi sekolah Adhiwiyata Nasional Mandiri. Ini merupakan anugerah tertinggi nasional dengan pra syarat yang lebih sulit. Salah satunya, sekolah tersebut wajib memiliki 12 sekolah binaan Adhiwiyata. (Riz/SKPD Pacitan/RAPP002)