Getol Sidak Tiga Hari Selama UN, Bupati Pacitan Ingin Pastikan berjalan Lancar

oleh -13523 views
Bupati SIdak UN. (Foto : Humas Pemkab)
Bupati SIdak UN. (Foto : Humas Pemkab)
Bupati SIdak UN. (Foto : Humas Pemkab)
Bupati SIdak UN. (Foto : Humas Pemkab)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan, Drs H Indartato MM selama tiga hari terakhir terus melakukan pemantauan inspeksi mendadak (Sidak) pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di berbagai sekolah di Pacitan. yang terbaru, Indartato didampingi kepala Dinas Pendidikan Sakundoko dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pacitan Muhammad Zuhri melakukan sidak pada hari Rabu (15/4/2015).

Didampingi keduanya, rombongan Bupati melakukan sidak ke dua lembaga sekolah dibawah naungan kementerian agama. Seperti, SMA Muhammadiyan serta MA  Ma’arif Pacitan. Selain itu, bupati juga memantau pelaksanaan unas di SMK Bina Karya.

Selain hanya melihat kondisi sekolah dan siswa, Bupati juga minta penjelasan kepala sekolah dan panitia ujian. Terkait sidak yang terkesan maraton, Bupati Indartato mengaku, melakukan agenda ini karena ingin memberi motifasi siswa untuk lebih semangat memngerjakan soal ujian.  “Secara umum unas berjalan normal, sebagai pemerintah saya perlu memastikanya karena pendidikan adalah tanggung jawab bersama,” katanya di sela sidak, dilansir dari laman resmi SKPD Pacitan.

Pelaksanaan UN sendiri berlangsung lancar, sebab para siswa terlihat santai dan cair mengerjakan soal UN.

Sementara, terkait UN jalur non formal yang tingkat kehadiranya baru mencapai 82 persen, Bupati Indartato bertekad akan memperbaiki di tahun berikutnya. Bahkan, jika perlu jauh hari sebelum ujian berlangsung pemerintah akan mengirim surat kepada perusahaan dimana warga belajar bekerja. Tujuanya, agar yang bersangkutan diberi dispensasi untuk mengikuti ujian sampai selesai.

“Kasihan jika mereka tidak dapat mengikuti Unas hanya karena tidak mendapat waktu cuti. Untuk itu, sebelum ujian kita akan berkoordinasi dengan perusahaan dimana mereka bekerja,” pungkasnya. (Riz/SKPD/RAPP002)