Januari-Maret, Penderita HIV/AIDS di Pacitan Sebanyak Delapan ODHA

oleh -Dibaca 789 kali
HIV/AIDS
HIV/AIDS
HIV/AIDS
HIV/AIDS

Pacitanku.com, PACITAN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten mencatat bahwa sepanjang bulan Januari hingga Maret 2015 ini ditemukan delapan orang dengan HIV/AIDS (ODHA) baru.

Tercatat, tiga di antaranya telah meninggal dunia. Sedangkan, sisanya masih menjalani pengobatan secara intensif. ‘’Mereka kami berikan Antiretroviral (ARV) yang didapat gratis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim. Dan, beberapa treatment di ruang Voluntary Counseling Testing (VCT) yang ada di sini,’’ ujar Iman Darmawan, Direktur RSUD Pacitan, kemarin (30/3/2015) dilansir dari Radar Madiun.

Selain data 8 ODHA baru, selama tahun 2014, petugas VCT RSUD Pacitan menangani 31 penderita HIV positif. Dari jumlah tersebut, tujuh di antaranya telah meninggal dunia setelah sempat mendapatkan perawatan.

‘’Rincinya, tiga meninggal dunia di RSUD Pacitan, serta empat lainnya meninggal di rumah. Mereka meninggal ini karena mayoritas disebabkan telah terjadinya multiple organ dysfunction,’’ katanya.

Menurut Iman, kedepan perlu memperkuat sosialisasi pencegahan HIV/AIDS ke lembaga-lembaga pendidikan sebagai upaya memutus regenerasi penularan HIV/AIDS sejak dini. Di samping itu, kesadaran memeriksakan diri perlu dilakukan untuk mengantisipasi penularan. (her/eba/RAPP002)