Cegah Virus HIV/AIDS, Warga Pacitan Diminta Setia Pada Pasangan

oleh -101.046 views
Dirut RSUD Iman Darmawan (Foto : RSUD Pacitan)
Dirut RSUD Iman Darmawan (Foto : RSUD Pacitan)
Dirut RSUD Iman Darmawan (Foto : RSUD Pacitan)
Dirut RSUD Iman Darmawan (Foto : RSUD Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pacitan, dr Iman Darmawan menghimbau kepada segenap warga masyarakat Pacitan untuk memperhatikan semakin bertambahnya penderita HIV/AIDS atau lebih dikenal dengan orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Pacitan.

Data terbaru dari RSUD Pacitan menyebutkan bahwa pada tahun 2014 Pacitan memiliki data 31 positif HIV/AIDS. Data kemudian ditambah dengan 8 penderita HIV/AIDS dalam kurun waktu Januari hingga Maret 2015. Selain itu, Pacitan juga didominasi ODHA berumur 21-60 tahun ada 29 pasien. Begitu pula tahun ini yang mencapai sekitar tujuh orang dari delapan ODHA yang tercatat.

Untuk itu, Iman menghimbau agar warga masyarakat setia kepada pasangan masing – masing dan mau peduli dengan seks aman. Di antaranya, tidak melakukan seks bebas dan tidak berganti-ganti pasangan.

Menurut dia, penderita AIDS tidak harus perempuan yang berganti-ganti laki-laki. Bisa saja perempuan baik-baik tertular dari suaminya yang sering ”jajan” di luar. ‘’Hingga nanti hamil, anaknya juga rawan tertular HIV/AIDS,’’ katanya, baru-baru ini, dilansir dari Radar Madiun.

Saran tersebut menindaklanjuti hasil konseling di poli VCT RSUD Pacitan yang menyebut penyebab mereka tertular penyakit ini lantaran hubungan seksual. Dia mencontohkan, ketika salah seorang di antara keluarga mereka bekerja di luar daerah seperti Surabaya atau Jakarta berhubungan badan dengan orang lain. (her/eba/RAPP002)