Lebih dari 2 Ribu KK di Pacitan Belum Nikmati Listrik

oleh -Dibaca 913 kali
Ilustrasi belum ada listrik
Ilustrasi belum ada listrik
Ilustrasi belum ada listrik
Ilustrasi belum ada listrik 

Pacitanku.com, PACITAN – Lebih dari 2000 kepala keluarga (KK) di Kabupaten Pacitan masih belum menikmati aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Ribuan KK yang tersebar di 300 dusun di Pacitan tersebut belum menikmati listrik dengan mayoritas berada di daerah ketinggian, diantaranya Sudimoro, Tegalombo, Bandar, dan Nawangan.

Untuk keperluan penerangan, warga yang belum menikmati aliran listrik hanya menggunakan ublik alias lampu penerang berbahan bakar minyak. ’’Ada juga sebagian warga yang mengolor kabel untuk mendapat aliran listrik. Hal itu terpaksa dilakukan karena jarak sumber listrik dengan rumahnya cukup jauh,’’ ujar Bupati Pacitan Indartato, di Pacitan, Jumat (20/3/2015).

Dikatakan Indartato, masih banyaknya rumah yang belum berlistrik dikarenakan anggaran yang dialokasikan program listrik pedesaan sangat minim. Selain terkendala anggaran, penyebab lainnya adalah medan yang sulit. ’’Di Pacitan, ada wilayah yang sulit terjangkau jaringan listrik karena konturnya berbukit. Selain itu, banyak yang tinggal di pelosok,’’ katanya.

Untuk menanggulangi kekurangan aliran listrik tersebut, Pemerintah setempat mengupayakan pengembangan pembangkit mikrohidro atau pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terpusat. Meski biaya pembuatan infrastruktur listrik tenaga surya itu cukup mahal, perawatan dan pemeliharaannya relatif murah. ’’Selain itu, wilayah yang dapat terjangkau instalasi PLN akan memakai listrik konvensional,’’ pungkasnya. (her/Jawapos/RAPP002)