Cerita Ani Yudhoyono Seputar Fotografi

oleh -101.427 views
Bu Ani saat temu followers instagram di Pacitan. (Foto : IST)
Bu Ani saat temu followers instagram di Pacitan. (Foto : IST)
Bu Ani saat temu followers instagram di Pacitan. (Foto : IST)
Bu Ani saat temu followers instagram di Pacitan. (Foto : IST)

Pacitanku.com, PACITAN – Kristiani Herawati Yudhoyono, istri Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) semakin moncer sebagai artis instagram. Hal itu dikarenakan hobi perempuan yang akrab disapa Ani Yudhoyono ini yang sering mengupload hasil fotografinya di akun instagram @aniyudhoyono.

Ani Yudhoyono pun berbagi cerita menarik seputar pengalaman dalam berfotografi saat momentum kopi darat followers instagram di Pacitan, belum lama ini.

“Saya itu sebenarnya sangat menyayangkan hobi saya ini baru terlaksana saat periode kedua Bapak (SBY) memimpin, di periode pertama, sejak 2004 – 2009 saya belum menekuni hobi ini,” paparnya, Rabu (11/3/2015) di Alloro Guest House, Jl K Umar, Baleharjo Pacitan

Pada saat ini, kata Ani, dirinya menyayangkan karena momentum berharga saat suaminya kunjungan ke berbagai tempat tidak terdokumentasikan oleh dirinya.

“Ya meski ada tim dokumentasi, namun tetap saja, bagi saja fotografi adalah bahasa hati dan nurani, sehingga menyesal rasanya tak mengambil gambar primer picture saat itu,” kenangnya.

Baru, saat SBY memimpin Indonesia di periode kedua, Ani Yudhoyono mulai menekuni dunia fotografi. Dengan berbekal kamera Digital SLR, perempuan asal Purworejo, Jawa Tengah ini mengabadikan momentum kunjungan SBY di berbagai kesempatan dengan memotret.

“Ada juga yang menanyakan istri Presiden kok malah sibuk dengan kameranya, saya katakan, ya inilah hobi saya, masing – masing orang mempunya karya dan hobi sendiri, begitu juga dengan saya,” jelas Ani Yudhoyono.

Share Hasil Fotografi di Instagram

Selain sukses menekuni hobi barunya, yakni fotografi sejak periode kedua SBY menjadi Presiden RI keenam, Ani Yudhoyono mulai akrab dengan dunia social media sebagai tempat sharing hasil karya fotografi. Namun demikian, dirinya sempat ragu memilih instagram sebagai tempat sharing karyanya.

“Pada awalnya saya tak begitu tertarik dengan instagram, namun setelah disarankan beberapa staff dan kolega, saya mulai aktif di instagram dan membuat akun sejak 10 April 2013, dan mulai saat itu saya menyenangi dunia baru tersebut,”paparnya.

Melalui instagram, Ani senantiasa mengupdate foto hasil jepretannya di berbagai momentum dan agenda, baik itu agenda kunjungan Presiden SBY maupun agenda keluarga. Bahkan untuk agenda keluarga, Ani beberapa kali mengupload fotonya di instagram.

“Melalui instagram ini menjadi mendekatkan saya dengan para followers, kini ada instagram yang bisa jadi tempat komunikasi, terutama dengan masyarakat Indonesia yang memfollow saya di instagram,” papar anak dari Sarwo Edhie Wibowo ini.

Hingga saat ini, terhitung sejak 10 Juli 2013 hingga 14 Maret 2015, jumlah followers Ani Yudhoyono di instagram mencapai 1,4 juta followers. Ani pun, bersama istri Barack Obama, menjadi istri negarawan dengan jumlah followers terbanyak di dunia.

Untuk semakin mendekatkan dengan masyarakat Indonesia, Ani Yudhoyono pun, bersama staff membuat program temu kangen Ibu Ani, yang merupakan porgram kopi darat dengan para followers terpilih di berbagai daerah.

“Selain di Pacitan saat ini, sebelumnya sudah seringkali kita gelar jumpa followers, yang terbaru kita gelar di Bali dan Purworejo, sementara pada 21 Maret nanti kita undang 15 followers untuk kopi darat di Bandung,” ungkapnya.

Selain temu followers, Ani juga pernah memberikan hadiah tebak gambar, seperti yang digelar belum lama ini, dimana Ani mengupload foto gagak, lalu kemudian dibuat kuis yang pada akhirnya berhadiah empat buah batu akik Pacitan kepada followers yang beruntung.

Kontroversi Foto Aira

Hobi fotografi Ani Yudhoyono memang menjadikan ibu dua anak ini memiliki hobi yang beda daripada ibu negara lainnya. Ani pun pernah diuduh mengedit foto hasil jepretannya oleh followersnya, seperti yang terjadi dalam foto Almira Tunggadewi, cucu Ani yang merupakan anak dari pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Larasati Pohan.

Perdebatan menyangkut posting sebuah foto hasil jepretan Ani Yudhoyono yang menunjukkan gambar Aira. Pada foto yang di-posting itu, Aira tengah berpose di teras Istana Merdeka berlatar belakang Monumen Nasional dan ondel-ondel saat pelaksanaan Kirab Budaya dalam rangka HUT ke-68 RI.

Pada awal posting foto, Sabtu (24/8/2013) sekira pukul 11.00 WIB, tak ada komentar yang membuat Ibu Negara membalas. Hingga muncul sejumlah pertanyaan yang bertanya apakah foto yang di-posting tersebut merupakan hasil proses editing. “Bu, ini bukan photoshop kan?” tanya seseorang pada akun Instagram @rivanlee.

“Foto ini hanya dicrop. Kalau Aira tampak besar, memang dia berdiri di teras Istana Merdeka, sementara itu saya motret juga di dekat Aira, di teras yang sama. Ini kan ketika kita menonton pawai budaya dalam rangka HUT Kemerdekaan RI,” tulis akun @aniyudhoyono, kala itu.

Saat momentum temu followers di Pacitan kali ini, Ani kembali menegaskan bahwa hasil itu adalah murni jepretan dirinya, bukan hasil rekayasa.

“Itu karena pada saat itu saya dua kali mengambil gambar Aira, yang pertama tidak terlalu kelihatan atau sering disebut situasi backlight yang bisa membuat subyek menjadi terlihat gelap apabila tak disinari sumber cahaya lain, lalu untuk yang kedua, saya tambahkan flash, sehingga hasil yang saya posting kala itu adalah hasil foto kedua menggunakan flash, Pak Roy Suryo juga mengambil gambar saat saya memotret Aira saat itu,” jelasnya.

SBY Pulang Kampung Diabadikan di Instagram

Hingga saat ini, Ani Yudhoyono dan Instagram menjadi satu paket, kemanapun Ani dan SBY pergi, selalu upload foto di instagram, seperti saat kunjungan ke Pacitan sejak Selasa (10/3) hingga Kamis (12/3) lalu.

Ibu dari Agus dan Ibas ini selalu mengupload setiap agenda SBY dalam kunjungan, mulai dari ziarah ke makam ayah SBY, temu followers instagram, mencari koleksi batu mulia hingga duduk di kereta api bersama keluarga dan kru media, saat pulang ke Jakarta. (DPPP001)