Pembangunan Jalur Nasional Wonogiri-Pacitan-Jogja Segera Dilanjutkan

oleh -Dibaca 2.832 kali
Jalur Wonogiri-Pacitan di wilayah Giriwoyo. (FOto : Dok.Pacitanku)
Jalur Wonogiri-Pacitan di wilayah Giriwoyo. (FOto : Dok.Pacitanku)
Jalur lurus di perbatasan Pacitan-Wonogiri (Foto : Dok.Pacitanku)
Jalur lurus di perbatasan Pacitan-Wonogiri (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, GIRIWOYO—Sempat tertunda selama beberapa waktu, rencana pembangunan jalan nasional Jalur Lingkar Selatan-Selatan (JLS) yang menghubungkan jalan darat dari Duwet Kabupaten Wonosari DI Yogyakarta – Pacitan melalui Wonogiri akan dimulai pada tahun ini.

Diketahui, kendaraan dan alat berat akan datang di wilayah Kecamatan Giriwoyo, untuk memulai pembangunan JLS. Warga diminta tidak terkejut. Bagi warga yang belum membongkar pagar atau gapura rumah diminta membongkar sendiri. Diketahui, rencana pembangunan JLS muncul sejak tahun 2006 silam. Namun pelaksanaannya sampai sekarang belum direaliasi. Tertundanya rencana pembangunan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor tarik ulur biaya pembebasan lahan.

Kabar tersebut mengemuka pada acara sosialisasi rencana pembangunan JLS, Rabu (25/2) di Pendopo Kecamatan Giriwoyo. “Sosialiasi disampaikan oleh pewakilan Kementrian PU, Binamarga dan BUMN Hasta Karya,” kata Camat Giriwoyo H. Sariman melalui Sekcam Edi Sumendro, dilansir dari infowonogiri.com.

Dampak tertundanya pebangunan JLS, mengakibatkan jalan sepanjang kurang lebih 50 KM kondisinya rusak parah, dan tidak pernah dibangun sejak 2005 hingga 2015 ini. JLS tersebut menghubungkan jalan darat dari Jembatan Kalipucang di Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran Jawa Barat, melalui tepi pantai Cilacap, Gombong, Kebumen, Kutowarjo, Purworejo, Glagah, Wonosari, Pracimantoro/Giritontro/Giriwoyo (Wonogiri) sampai di Donorojo perbatasan Wonogiri dengan Pacitan. (RAPP002)