Saat Warga Kini Nyaman Lewati Jembatan Tegalombo

oleh -Dibaca 2.233 kali
Peresmian Jembatan Tegalombo oleh Bupati. (Foto : Dok.Pacitanku)
Jembatan Tegalombo selesai dibangun. (Foto : Ediyanto/FB)
Jembatan Tegalombo selesai dibangun. (Foto : Ediyanto/FB)

Pacitanku.com, TEGALOMBO—Setelah warga menantikan sebuah jembatan kokoh selama sekitar 33 tahun, akhirnya warga Tegalombo dan Desa Kasihan kini dapat menikmati jembatan yang kokoh dan permanen dan nyaman untuk dilewati.

Hal itu dibuktikan dengan antusiasme waga setempat saat mengikuti prosesi peresmian jembatan baru yang diresmikan secara langsung oleh Bupati Pacitan, Indartato, pada Jumat (6/2/2015) kemarin.

‘’Perwakilan warga kasihan pun turut hadir dengan membawa puluhan kendaraan baik pribadi maupun umum bolo rodo kasihan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati atas dibangunnya jembatan ini dikarenakan jembatan ini sangat vital bagi masyarakat kasihan umumnya,” kata Ribut, salah satu warga Desa Kasihan.

Jembatan Belly Tegalombo sebelum diperbaiki. (Foto : Dok.Pacitanku)
Jembatan Belly Tegalombo sebelum diperbaiki. (Foto : Dok.Pacitanku)

Sebelum jembatan beton ini dibangun, akses warga menuju ke Desa Kasihan dan Kecamatan Tulakan ini adalah sebuah jembatan besi yang kemudian disebut jembatan Belly. Konstruksi besi tersebut kemudian ditambahkan papan kayu yang sekitar dua tahun belakangan sudah mulai rusak akibat terkena cuaca panas dan hujan, serta intensitas kendaraan yang setiap hari melewati jembatan tersebut.

Hingga pada akhirnya, Pemkab menggelontorkan dana Rp 9 Milyar untuk merehabilitasi total jembatan ini. “Jembatan ini sangat penting bukan hanya sebagai akses perekonomian namun juga sebagai pembuka jalur alternatif menuju Pacitan kota,” Kata Bupati Indartato, saat memberikan sambutannya dalam peresmian jembatan tersebut.

Pekerjaan rumah selanjutnya, kata Indartato adalah pembangunan  jalur dari Tegalombo menuju Tulakan sepanjang kurang lebih 16 kilometer, yang masih butuh penyempurnaan.

Usai jembatan tersebut selesai dan siap digunakan, warga di Kecamatan Tegalombo kini dengan nyaman melakukan aktivitas perekonomian dan transportasi sehari – hari. (Ribut/DP/DPPP001)