Obyek Wisata Asri Tanpa Sampah Belum Maksimal

oleh -10908 views
Sampah berserakan di Pidakan. (Foto : Wahyu/FB)
Sampah berserakan di Pidakan. (Foto : Wahyu/FB)
Sampah berserakan di Pidakan. (Foto : Wahyu/FB)
Sampah berserakan di Pidakan. (Foto : Wahyu/FB)

Pacitanku.com, TULAKAN—Rencana pemerintah kabupaten (Pemkab) Pacitan melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) menyukseskan wisata masyarakat dengan mengedepankan kebersihan obyek wisata belum maksimal. Pasalnya, kesadaran untuk menjaga kebersihan dan keasrian obyek wisata tanpa sampah belum terwujud.

Hal itu seperti yang dialami oleh Wahyu, salah satu pengunjung obyek wisata Pantai Pidakan, Kecamatan Tulakan. Wahyu mengeluhkan bahwa ternyata di pantai yang masih alami dengan ciri khas bebatuan tersebut masih banyak sampah berserakan dan merusak pandangan mata.

“Pantai yang begitu asri dan sejuk serta pemandangan yang indah serta batu-batunya yang alami, dan sayang sekali di kotori dengan penuh sampah di pinggir pantainya, dan aneh nya lagi sampah tersebut yang di buang di pinggir pantai, yang melakukan bukan pengunjung tapi orang yang berjualan di sekitar entah itu warga sekitar atau orang dari luar pantai tersebut,” ujar Wahyu kepada Portal Pacitanku, Senin (26/1/2015).

Sebelumnya, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, mewanti – wanti kepada segenap pengelola wisata di Pacitan untuk memperhatikan tiga hal dalam mengelola obyek wisata. “ Yang pertama mempertimbangkan sisi keamanan, kebersihan yang harus dijaga dan pemberdayaan masyarakat, dalam hal ini oleh – oleh khas wisata tersebut,” katanya beberapa waktu lalu.

Jika kurangnya kesadaran menjaga kebersihan obyek wisata masih terus berlanjut, pengelolaan obyek wisata berbasis masyarakat di Pacitan masih belum optimal untuk beberapa waktu kedepan. (RAPP002)