Dinkes Pacitan : Pemberantasan DBD yang Paling Efektif adalah 3 M

oleh -734 views
Ilustrasi Penderita DBD
Ilustrasi Penderita DBD

Pacitanku.com, PACITAN—Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan, Rahmat Dwiyanto menilai bahwa salah satu cara efektif untuk mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah dengan menggiatkan 3M, yakni menguras, menutup dan menimbun tempat yang potensial untuk kembang biak nyamuk.

Menurut pria yang baru saja menggantikan Eko Budiono sebagai Kepala Dinkes ini, langkah awal yang akan dilakukan untuk mencegah penyebaran Demam berdarah adalah dengan menggerakkan masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk.

“Foging bukan solusi yang tepat, yang efektif dan efisien adalah bagaiman masyarakat sadar menjaga lingkunganya bersih,” kata Rahmat, usai pelantikan pejabat Pemkab, baru – baru ini, dilansir dari lama resmi SKPD Pacitan.

Menurut Rahmat, Fogging hanya akan membunuh nyamuk dewas, namun tidak bagi telur dan jentik nyamuk Untuk perlu adanya gerakan serentak 3M.

Data sementara hingga akhir Januari ini,  mencatat data bawa 39 warga Pacitan positif menderita DBD. Data tersebut merupakan data seluruh kecamatan, baik yang dirawat di Rumah Sakit maupun Puskesmas di Pacitan. Jumlah 39 kasus ini mengalami peningkatan signifikan dibanding tahun 2014 lalu dalam kurun waktu sepekan. Pada tahun lalu, jumlah kasus dalam pekan yang sama sebanyak 16 kasus dengan korban meninggal dunia satu orang. (RAPP002)