Tahun ini, Hasil Produksi Padi di Pacitan Diprediksi Turun Seribu Ton

oleh -10845 views
Persawahan di Bandar Pacitan (Dok.Pacitanku)
Persawahan di Bandar Pacitan (Dok.Pacitanku)
Persawahan di Bandar Pacitan (Dok.Pacitanku)
Persawahan di Bandar Pacitan (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Tahun 2015, hasil produksi padi yang dihasilkan oleh petani di 12 kecamatan di Kabupaten Pacitan diprediksi akan menurun. Menurunnya hasil produksi padi tersebut dikarenakan musim yang tidak menentu.

Menurut  Kepala Kantor Ketahanan Pangan, Kabupaten Pacitan, Mulyadi, seiring perubahan musim yang tidak menentu, produksi padi pada tahun  2015 diestimasikan bakal mengalami penurunan sekitar 1.000 ton.

Hal tersebut, lanjut Mulyadi, dikarenakan pada musim tanam (MT) II lalu, disaat tanaman padi butuh air, namun banyak sawah yang kekeringan. Kondisi tersebut, dikhawatirkan akan memengaruhi produksi padi.

“Itu baru sebatas estimasi. Namun, kalau musim berjalan sebagaimana mestinya, produksi padi diperkirakan justru akan mengalami kenaikan 2.000-3.000 ton,” jelasnya, baru – baru ini.

Namun demikian, Mulyadi menyampaikan bahwa produksi padi di Pacitan mengalami surplus dibanding rata-rata konsumsi masyarakat. Menurut data, ketersediaan padi di Pacitan pada Tahun 2014, tercatat sebanyak 112.930 ton.

“Dari angka tersebut, konsumsi rata-rata masyarakat sebanyak 46.565 ton. Sehingga, kita masih surplus sebesar 66.365 ton,” terangnya. (Yun/PctNews/RAPP002)