Akik Pacitan Kini Jadi Primadona Masyarakat Segala Usia

oleh -1.659 views
Batu akik jadi primadona segala usia. (Foto : Fajar Bachroni)
Batu akik jadi primadona segala usia. (Foto : Fajar Bachroni)
Batu akik jadi primadona segala usia. (Foto : Fajar Bachroni)
Batu akik Pacitan jadi primadona segala usia. (Foto : Fajar Bachroni)

Pacitanku.com, PACITAN—Batu mulia akik yang merupakan salah satu potensi dan kekayaan alam Pacitan kini sudah menjadi primadona semua kalangan.

Dahulu, pecinta batu akik Pacitan adalah para bapak – bapak dan orang tua, namun seiring perkembangan zaman, kini semua masyarakat segala usia pun menggandrungi batu mulia khas Pacitan itu.

Memang, berbagai varian, jenis dan bentuk batu akik membuat orang cenderung memiliki banyak pilihan untuk menggunakannya. Pun demikian dengan harganya, dari yang paling murah hingga yang paling mahal semuanya tersedia.

“Jenis batuan yang saat ini banyak dicari adalah calcedony, junjung drajat, bulu merak, dan kecubung. Kami bahkan pernah menjual batu dengan harga Rp. 8 juta kepada kolektor batu alam asal surabaya,”  ujar Agus, pengrajin batu akik yang berasal dari Ngreco, Tegalombo, kepada Portal pacitanku, Ahad (11/1/2015).

Tak hanya sedap dipandang, akik juga mempunyai harga yang bervariasi, dari harga terjangkau hingga yang paling mahal. Saat ini, pesanan akik melambung tinggi, seperti yang dirasakan Nando,  pengrajin akik asal donorojo ini. “Sehari tak kurang dari 50 batuan kami poles menjadi akik, dari bermacam – macam batuan, dari batuan polos hingga bermotif,” kata Nando. (Fajar Bch/FBPP004)