Ini Pesan Ulama Tremas di Hari Maulid Nabi Muhammad SAW

oleh -2 Dilihat
Agenda MaulidurRasul di Pondok Tremas. (Foto : Pondok Tremas)
Foto ilustrasi Pondok Tremas. (Foto : Pondok Tremas)
Agenda MaulidurRasul di Pondok Tremas. (Foto : Pondok Tremas)
Agenda MaulidurRasul di Pondok Tremas. (Foto : Pondok Tremas)

Pacitanku.com, PACITAN—Ummat Islam hari ini, Sabtu (3/1/2015) merayakan hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Di Pacitan, berbagai acara menyambuut peringatan Maulid Nabi pun digelar, salah satunya adalah tausiyah oleh ulama dan juga agenda muludan.

Di Arjosari, Pondok Pesantren Tremas menggelar tausiyah dalam acara Dzikro Maulid Nabi bertemakan Dzibaiyyah Akbar bersama masyayikh dan santri yang digelar di halaman masjid Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan, Jum’at Malam ( 02/01 ).

Dalam sambutannya, ulama karismatik tremas, KH. Lukman Harist Dimyathi meyampaikan kembali tentang kemuliaan ahlak banginda Rosululloh Muhammad SAW yang terkenal dengan sifatnya yang lemah lembut dan penyayang.  Gus Lukman berharap kepada seluruh santri untuk menampakkan rasa bahagia dan rasa gembirannya dalam rangka menghormati hari kelahiran nabi dengan cara membaca sholawat nabi.

Selain itu, beliau berpesan agar dalam membaca sholawat nabi sayogyannya juga disempurnakan dalam tata cara membacanya sesuai qaidah seperti bahr dan arudlnya. “Karena bila bacaan sholawat tidak sesuai qaidahnya maka akan merubah arti daripada bacaan sholawat tersebut,” katanya, dilansir dari laman resmi Pondok Tremas,.

Agenda Muludan

Sebagian masyarakat Pacitan juga menggelar syukuran peringatan Maulid Nabi dengan cara yang biasa disebut Muludan. Tradisi yang digelar tahunan ini ini biasanya dilakukan setiap dasawisma (satu lingkungan).

Dalam agenda muludan, biasanya setiap setiap keluarga membawa ayam ingkung, nasi uduk, jadah ketan, dan sayur opor. Dikumpulkan jadi satu kemudian dibagikan dan dimakan bersama. Biasanya warga setempat mengumpulkan di tempat sesepuh lingkungan. (RAPP002)