Perlu Sinergi Masyarakat-Pemerintah Kembangkan Wisata di Pacitan

oleh -Dibaca 1.226 kali
Pantai Klayar
Pantai Klayar
Pantai Klayar menjadi terget pengembangan wisata berbasis masyarakat. (Foto : DOk Pacitanku)
Pantai Klayar menjadi terget pengembangan wisata berbasis masyarakat. (Foto : DOk Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan untuk mengembangkan obyek wisata kawasan pesisir Pacitan diapresiasi banyak pihak. Selain mampu mengembangkan kawasan pariwisata mandiri, pembangunan wisata berbasis masyarakat juga akan mampu memberdayakan ekonomi masyarakat setempat. Namun demikian, sinergitas itu harus terus dilakukan dan dijaga agar pengembangan wisata Pacitan mencapai keberhasilan yang bisa dinikmari bersama.

Menurut Camat Donorojo, Joko Putro Utomo, harus ada keberanian dari pemerintah untuk total dalam pengembangan wisata di Pacitan, tentunya dengan memaksimalkan sinergitas masyarakat-pemerintah dalam proses pengembangannya.

“Di Donorojo saja kita ada banyak potensi wisata Pantai yang menanti buah dari sinergitas pemerintah dan masyarakat. Salah satu yang musti dilakukan pemda pada tahun 2015 adalah keberanian untuk memfokuskan APBD pada sektor pariwisata, ini penting mengingat sektor ini menjadi sektor unggulan Pacitan,” katanya saat berbicara dalam sarasehan pengembangan wisata kawasan yang digelar di gedung PLUT Pacitan, Kamis (20/11/2014)

Dikatakan Joko, salah satu dari buah sinergitas masyarakat-pemerintah dalam mengembangakn pariwisata adalah mampu menggerakkan sektor ekonomi, terutama warga yang menengah kebawah. “Oleh karena itu perlu adanya gebrakan dan keberanian dari pemerintah,”katanya.

Senada dengan Camat Donorojo, Syamsiah, salah satu warga pengelola wisata di kawasan Desa Sendang juga meminta pendampingan signifikan dari Pemkab untuk memberdayakan masyarakat kawasan wisata pesisir.

“Bentuk pendampingannya adalah melalui program pendampingan sektor ekonomi kreatif, seperti contohnya adalah bagaimana cara menghasilkan produk lokal yang baik, bagaimana pengelolaan produknya sehingga bisa dipasarkan dan dijadikan oleh – oleh khas klayar, seperti pisang, gula kelapa, talas dengan inovasi yang baru dan menarik,” katanya.

Sementara itu, menanggapi konsep pengembangan wisata berbasis masyarakat, Dinas Perhubungan Pacitan siap menyukseskan agenda pengembangan wisata berbasis masyarakat ini. “Kita akan memasang tanda arah disemua obyek wisata Pacitan, mohon maaf sekarang ini baru ke arah pantai Klayar yang kita maksimalkan, tapi kedepan kita akan pasangi semua,” tandasnya. (DPPP001)