Desa Penggung Nawangan Raih Juara Pertama Napak Tilas Pangsar Soedirman

oleh -101.661 views
Napak Tilas Jenderal Soedirman. (Foto : Doc Info Pacitan)
Napak Tilas Jenderal Soedirman. (Foto : Doc Info Pacitan)
Napak tilas jenderal soedirman. (Foto : wawan setiawan tiada tara)
Napak tilas jenderal soedirman. (Foto : wawan setiawan tiada tara)

Pacitanku.com, NAWANGAN—Setelah menempuh jarak 75 kilometer dan melewati enam kecamatan di Pacitan, kontingen napak tilas rute gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman akhirnya finish di kompleks monumen Pangsar Soedirman di Pakisbaru, Nawangan. Salah satu pemenang dalam napak tilas kali ini adalah Desa Penggung, Nawangan.

Diketahui, rute napak tilas pada tahun ini menempuh jarak 75 kilometer dan enam kecamatan, yakni Sudimoro, Ngadirojo, Tulakan, Tegalombo, Bandar dan Nawangan. Napak tilas rute Panglima Besar Jenderal Soedirman ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh KNPI, Kodim 0801 serta Pemkab Pacitan dalam rangka memperingati hari Pahlawan.

Agenda napak tilas ini sendiri mengambil start dari Desa Klepu Kecamatan Ngadirojo, peserta napak tilas diberangkatkan oleh Bupati Pacitan Indartato. Peserta akan melalui 15 etape dari tanggal 7 dan berakhir Ahad sore (9/11/2014) di Pakisbaru kecamatan Nawangan.

Ada tiga kategori lomba kali ini, yakni lomba pleton inti yang diikuti masing-masing kecamatan dengan jumlah peserta tiap kecamatan 49 orang. pasukan inilah yang bertugas membawa tandu duplikat. kriteria lain adalah penilaian regu pengawal yang diikuti seluruh desa dan lembaga sekolah serta kriteria partisipasi masyarakat.

Sementara, kejuaraan Napak Tilas Panglima Besar Soedirman kali ini dimenangkan oleh Pleton inti dua Nawangan untuk kategori pleton inti, sementara juara dua adalah Pleton inti Bandar. Untuk kategori partisipasi masyarakat, Desa Penggung Nawangan meraih kategori juara I untuk kategori partisipasi masyarakat, sementara Desa Bogoharjo, Ngadirojo meraih juara II. Tahun ini panitia memperlombakan peserta napak tilas dengan total hadiah sebesar Rp.17,5 juta. (RAPP002)