Serangan “Mickey Mouse” Menggila, Ratusan Hektar Padi di Pacitan Gagal Panen

oleh -13948 views
Areal Persawahan di Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Areal Persawahan di Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Areal Persawahan di Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Areal Persawahan di Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Akibat serangan hama tikus sawah yang terus terjadi, menyebabkan ratusan hektar tanaman padi Pacitan gagal panen. Hama mickey mouse tersebut meludeskan batang padi yang baru berusia sekitar dua bulan.

Dengan kondisi demikian, pada akhirnya memaksa petani membabat tanaman padi untuk pakan ternak. “Kalau kekurangan air saja masih bisa diatasi tapi kalau tikus menyerang, rasanya kami sudah kehabisan akal,” ujar Tukiran, seorang petani dilansir dari detikcom di persawahan Kelurahan Ploso, Kamis (2/10/2014).

Ia menyebut bahwa serangan hama tikus kali ini merupakan yang terparah dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan upaya petani menebarkan racun pun tak membuahkan hasil. Serangan hewan pengerat itu justru terkesan membabi buta. “Mereka (tikus) keluarnya di malam hari dan serangannya cepat sekali,” tambahnya.

Sebagian petani memagari lahan persawahan dengan plastik transparan setinggi 30 cm. Sayangnya, harga plastik relatif mahal sehingga banyak petani yang memilih membiarkan tanaman padinya rusak.

Terpisah, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Pacitan Ir Pamudji mengatakan daerah Pacitan secara umum merupakan wilayah endemis tikus. Satu-satunya cara paling efektif untuk membasmi adalah dengan perburuan massal. “Harus serentak. Jika tidak tikus tetap bisa lari kemana-mana,” ujarnya.

Redaktur : Robby