Menikmati Legitnya Lopis Ketan Ireng Pacitan

oleh -131.482 views
Lopis Ketan Ireng Pacitan. (Foto : Dok Pacitanku)
Lopis Ketan Ireng Pacitan. (Foto : Dok Pacitanku)
Lopis Ketan Ireng Pacitan. (Foto : Dok Pacitanku)
Lopis Ketan Ireng Pacitan. (Foto : Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Salah satu kuliner siang yang patut anda cicipi di Pacitan adalah kuliner lupis ketan ireng. Kuliner manis asli Pacitan ini merupakan kuliner pelengkap saat siang anda bersama keluarga. Dengan berbahan baku ketan hitam, ketan putih, gula merah dan parutan kelapa, lupis ketan ireng ini siap menjadikan siang hari anda terasa lebih istimewa.

Di Pacitan sendiri, tempat yang menjajakan makanan tradisional lopis ketan ireng Pacitan ini adalah di kawasan Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan, tepatnya di Warung Kupat Tahu Mbok Bibit, Ngemplak, Sirnoboyo, Pacitan kota.

Rosi, salah satu penjual mengatakan bahwa lopis ketan ireng ini memang menu baru di kiosnya, selain menu lainnya yakni kupat tahu dan lotek Pacitan. “Mulanya dulu pakai ketan putih, lalu kemudian kita coba pakai ketan hitam, hasilnya lebih manis,” katanya kepada Portal Pacitanku, belum lama ini.

Lopis Ketan Ireng buatannya, imbuh Rossi, merupakan hasil modifikasi yang dibuat dengan sangat simpel serta tahan pengawet. “bahan bakunya ada beras ketan putih, beras ketan hitam, air kapur sirih, garam, gula merah, parutan kelapa dan daun pisang, hanya itu,” katanya.

Lopis ketahun ireng, menurut Rosi, adalah menu pelengkap, selain menu utama berupa kupat tahu dan lotek Pacitan. Menu lopis ini bisa anda dapatkan dengan harga cukup murah meriah, sekaligus mengobati kerinduan anda terhadap kuliner tradisional khas Pacitan.

Selamat mencicipi.