Promosi Wisata Daerah, Mahasiswa UTY ini Bikin Aplikasi Ayo ke Pacitan

oleh -Dibaca 2.820 kali
Aplikasi Ayo ke Pacitan garapan Mahasiswa UTY.
Aplikasi Ayo ke Pacitan garapan Mahasiswa UTY.
Aplikasi Ayo ke Pacitan garapan Mahasiswa UTY.
Aplikasi Ayo ke Pacitan garapan Mahasiswa UTY.

Pacitanku.com, PACITAN—Perkembangan teknologi yang semakin canggih dimanfaatkan berbagai kalangan untuk membuat beragam cara mengembangkan potensi yang dimiliki oleh daerah masing – masing. Perkembangan teknologi ini juga yang membuat Hepy Fatul Rohman, Mahasiswa semester akhir jurusan Teknik Informatika Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) mengembangkan aplikasi android untuk mempromosikan wisata di Pacitan.

Aplikasi ayo ke Pacitan ini, dikatakan Hepy, adalah aplikasi yang menampilkan berbagai informasi untuk menunjang kebutuhan wisata di Pacitan, meliputi obyek wisata, hotel atau penginapan, restoran, kuliner, serta sarana transportasi.

“Ayo ke Pacitan juga dilengkapi informasi tambahan berupa sejarah, letak ATM dan SPBU, telepon penting, galeri, tips wisata, dan menu status pesan, kelebihan aplikasi Ayo ke Pacitan adalah tersedianya opsi lihat peta untuk melihat letak sekaligus penunjuk arah, melakukan panggilan langsung, dan melihat website yang tersedia,” jelas Hepy

 Aplikasi Informasi Pariwisata Kabupaten Pacitan, menurut Hepy, terdiri dari 12 menu utama dan 4 menu options. Setiap menu akan menampilkan informasi sesuai judul button-nya. “Untuk menampilkan 4 menu options yang tersembunyi, kita harus menekan / menyentuh button menu pada gadget android yang kita miliki. Berikut sedikit penjelasan dalam menggunakan aplikasi,” katanya.

Menurut Hepy, aplikasi yang diberi nama Ayo ke Pacitan ini dari awal dirancang untuk smartphone atau gadget dengan versi minimal 2.2 OS Android Froyo sampai 4.1 OS Android Jelly Bean. “Rata-rata android yang digunakan masyarakat saat ini adalah versi 2 ke atas, froyo sampai yang paling baru android KitKat, jadi sejauh ini aplikasi bisa di download semua pengguna android langsung dari playstore,” katanya kepada Poral Pacitanku, belum lama ini.

Lebih lanjut, Hepy yang merupakan alumni SMKN 1 Pacitan ini mengungkapkan bahwa dirinya membuat aplikasi ini adalah adalah hasil kerja praktek, salah satu syarat dari kampus untuk mengambil skripsi jenjang sarjana S-1.

“Judul yang saya ajukan adalah pengembangan aplikasi informasi wisata kabupaten pacitan berbasis android, dengan mengambil studi kasus di DISBUDPARPORA Pacitan, jadi melakukan penelitian sederhana, pengambilan data disana. Sementara tujuan dibuatnya aplikasi intinya sebagai media promosi wisata Pacitan kepada masyarakat dalam bentuk yang lebih menarik,” paparnya.

Namun demikian, Hepy mengaku sempat kesulitan untuk mengembangkan aplikasi ini dikarenakan minimnya data yang diperoleh seputar wisata di Pacitan.

“Data yang saya dapatkan juga sangat minim, hanya sebatas pamflet promosi tujuan wisata, jadi saya agak kesulitan dalam melengkapi informasi dari obyek-obyek wisata yang ada di Pacitan. Terakhir dari dinas hanya minta untuk memberi tahu jika aplikasi sudah siap atau bisa di download via playstore. Saat ini aplikasi masih saya kembangkan untuk keperluan skripsi mas, “ pungkasnya.

Tertarik mengunduh aplikasi ayo ke Pacitan? Silahkan download di Play Store disini –> Aplikasi Ayo ke Pacitan