Cuaca Buruk, Produksi Ikan Laut Tamperan Turun Drastis

oleh -104.282 views
Pelabuhan Ikan Tamperan
Pelabuhan Ikan Tamperan
Pelabuhan Ikan Tamperan
Pelabuhan Ikan Tamperan. (Foto : Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Dikarenakan cuaca buruk terjadi di kawasan perairan selatan Pacitan, produksi ikan laut di Pelabuhan Perikanan Pantai (P3) Tamperan, Pacitan, selama sebulan terakhir turun drastis.

Paceklik ikan biasanya berlangsung hingga beberapa bulan mendatang. Jumlah para nelayan andon yang mencapai sekitar 70 persen dari total nelayan di perairan atau pesisir selatan Pacitandiperkirakan baru kembali melaut pada Oktober mendatang.

Menurut Kepala Bidang Kelautan di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pacitan Bambang Mahendra, penyusutan volume produksi atau tangkapan ikan selama beberapa pekan terakhir disebabkan buruknya kondisi cuaca di perairan. ’’Setiap kali memasuki musim peralihan, tidak banyak ikan yang muncul di permukaan sehingga sulit ditangkap,’’ ujarnya, dilansir dari Jawapos, Ahad(7/9/2014).

Dengan kondisi tersebut, secara langsung membuat Pacitan kekurangan stok. Kondisi tersebut memaksa sebagian pedagang agar mengupayakan pasokan ikan laut dari luar daerah. ’’Sementara sebagian lainnya memilih komoditas ikan air tawar untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya masing-masing,’’ ungkapnya.

Diakui, penurunan stok ikan laut tersebut tidak sampai memengaruhi harga pasaran.Namun, peristiwa itu tetap mengkhawatirkan sejumlah pembeli maupun pedagang. ’’Sebab, ikan laut dari luar daerah mulai merambah wilayah pangsa pasar mereka,’’ pungkasnya.

Redaktur : Robby