Semaraknya Pesta Rakyat Hari Kemerdekaan di Pacitan

oleh -Dibaca 1.536 kali
Pesta Rakyat di Ngadirojo. (Foto Deny Puspitasari)
Pesta Rakyat di Ngadirojo. (Foto Deny Puspitasari)

Pacitanku.com, PACITAN—Meskipun agenda inti peringatan hari kemerdekaan telah usai, Ahad (17/8/2014) lalu, namun kemeriahan pesta ulang tahun kemerdekaan ke 69 Republik Indonesia ini masih terasa di Pacitan.

Terhitung sejak Senin (18/8/2014) hingga selasa (19/8/2014) hari ini, berbagai acara menggelar pesta rakyat pun digelar di berbagai tempat strategis di kota kecamatan masing – masing di Pacitan. Seperti di Arjosari dengan acara karnaval, kemudian di kompleks pasar sawo yang juga semarak dengan adanya pesta rakyat, hingga pagelaran pentas seni yang digelar Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) Kecamatan Tegalombo, malam ini.

Berdasar pantauan, tak kurang dari 300 massa dari berbagai desa di Tegalombo, memadati lapangan balai desa Tegalombo untuk menyaksikan pentas seni sekaligus perpisahan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Negeri Surakarta (UNS).

Hiburan seperti tari – tarian yang dibawakan oleh semua sekolah di Desa Tegalombo, seperti TK Mardi Putra I dan II, SDN Tegalombo I, II, III dan IV, MTS Muhammadiyah, hingga SMP dan MA Muhammadiyah pun membuat malam hari menjadi semakin gayeng.

Sementara, di Kecamatan Ngadirojo, kemeriahan serupa juga terjadi, dengan adanya stand produk – produk unggulan dari masing – masing desa. Berbagai macam produk unggulan pun dipamerkan disini, seperti batik khas Pacitan, kerajinan rumah tangga hingga industri kuliner.

Tak ketinggalan, lomba khas Agustusan, yakni Panjat Pinang pun digelar di kecamatan yang akrab disebut dengan Lorok itu. Warga pun begitu antusias untuk sekedar melihat ataupun bahkan memborong berbagai produk industri kreatif tersebut.

Redaktur : Robby Agustav