Studi Banding Kemajuan Daerah, DPRD Pacitan Plesir ke Penajam Paser Utara

oleh -2.140 views
Kantor bupati PPU (foto-ezagren)
Kantor bupati PPU (foto-ezagren)
Kantor bupati PPU (foto-ezagren)
Kantor bupati PPU (foto-ezagren)

Pacitanku.com, PENAJAM – Dalam rangka mengetahui kemajuan pembangunan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, 10 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)Pacitan melakukan study banding ke kabupaten yang berada di Kaltim tersebut, Senin (21/7/2014) kemarin WIB.

Kunjungan tersebut, kata salah satu anggota DPRD Pacitan, Rahedi Purnomo juga jabat Wakil Ketua DPRD Pacitan menuturkan, pihaknya baru kali pertama kunjungi PPU, semenjak menjadi kabupaten definitif dan telah berusai 12 tahun, dimana kunjungan tersebut untuk belajar dan mengetahui secara dekat pembangunan daerah PPU.

“Ini kunjungan kami yang pertama dipenghujung jabatan sebagai anggota dewan periode 2009-2014. Maksud dan tujuan ke PPU, selain menjalin silaturahmi, juga guna mempelajari sistem tata kelola renja DPRD PPU yang kami nilai cukup bagus dan kami jadikan sebagai referensi kedepan dalam merancang renja DPRD Pacitan,” ungkapnya, dilansir dari Koran Kaltim.

Selain itu, kunjungan ini merupakan study banding, melihat secara langsung tentang kemajuan PPU sejak di mekarkan 12 tahun silam, karena program pembangunannya banyak yang berhasil, seperti pertanian, sarana perkantoran serta infrastruktur lainnya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD PPU, Firmansyah menjelaskan, rencana kerja (renja) DPRD PPU telah disepakati ber-sama oleh seluruh anggota dewan berdasarkan ke-butuhan dan besaran anggaran yang tersedia, ter-masuk juga dalam hal pelaksanakan peningkatan SDM anggota DPRD yang berbentuk bimbingan teknis (Bimtek).

“Biasanya pelaksanaan Bimtek dalam setahun kita targetkan sebanyak enam kali. Namun karena ada kesepatakan dan ketersediaan anggaran dan adanya pengurangan anggaran, maka ditahun ini, pelaksanaan Bimtek digelar hanya tiga kali dalam setahun,” katanya.

Redaktur : Robby Agustav