KKN, Mahasiswa UMM Gelar Program Home Visit untuk Warga Desa Hadiwarno

oleh -101.321 views
Mahasiswa UMM Kunjungi rumah Warga di Hadiwarno. (Foto : IST)
Mahasiswa UMM Kunjungi rumah Warga di Hadiwarno. (Foto : IST)
Mahasiswa UMM Kunjungi rumah Warga di Hadiwarno. (Foto : IST)
Mahasiswa UMM Kunjungi rumah Warga di Hadiwarno. (Foto : IST)

Pacitanku.com, NGADIROJO – Pentingnya kesadaran kesehatan pada masyarakat, mahasiswa dari tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) 83 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengenalkan pogram home visit untuk warga Desa Hadiwarno, Ngadirojo, Pacitan.

Menurut salah satu anggota tim KKN di Pacitan tersebut, Agung Mochtar, program ini bertujuan untuk memantau kondisi kesehatan tiap warga dan mensosialisasikan cara hidup bersih dan sehat.

“Teknisnya adalah dengan mengunjungi langsung rumah warga yang berada di Dusun Pucung Kulon, Dusun Pucung Wetan dan Dusun Taman, Desa Hadiwarno , Kecamatan Ngadirejo, dan program ini telah disetujui oleh Ibu Rinto selaku Ketua Kader Kesehatan Desa Hadiwarno,” katanya dalam keterangan Pers yang diterima Portal Pacitanku, selasa (22/7/2014).

Agenda Home Visit (Kunjungan Rumah Sehat) berlangsung selama kurang lebih dua pekan terhitung pada rabu (02/07/2014) dan berakhir selasa (15/07/2014).

“Dimulai dari pendataan identitas keluarga tiap rumah, melakukan sosialisasi ASI Eksklusif, teratur dalam mengikuti Posyandu, cuci tangan menggunakan sabun, menggunakan air bersih dalam keseharian, jamban sehat, PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk), makanan sehat sehari-hari, bahaya merokok, KB(Keluarga Berencana), ventilasi dalam rumah, dapat memisahkan sampah organik dan non organik,” jelasnya.

Selain dilakukan pemantauan dan sosialisasi kesehatan, imbuh Agung, terdapat sharing seputar kesehatan yang dialami masyarakat. Di akhir kunjungan tim Kesehatan KKN 83 mengadakan pemeriksaan tekanan darah bagi setiap penghuni rumah. “Data kesehatan warga yang diperoleh dari Home Visit (Kunjungan Rumah Sehat) akan dijadikan sebagai pembaruan data bagi puskesmas Desa Hadiwarno yang nantinya akan digunakan sebagai data lanjutan,” katanya.

Dalam pelaksanaannya, kurang lebih 200 rumah warga telah dikunjungi oleh tim kesehatan KKN 83 UMM, masyarakat memberikan tanggapan yang positif akan program “Home Visit (Kunjungan Rumah Sehat)”, terlihat dengan adanya warga bernama Eni (48) yang antusias datang ke tempat kontrakan KKN 83 hanya untuk berkonsultasi tentang kesehatan yang selama ini dirasakan.

“Saya senang akan adanya adik-adik KKN yang datang kesini, apalagi ada program yang memantau kesehatan warga seperti kemarin (home visit) sehingga saya dapat lebih tahu dan sadar akan kesehatan saya,” kata Eni.

Redaktur : Ajeng Miranti