Ini Rute Festival Ronthek Pacitan Tahun 2014

oleh -1.577 views
Salah satu adegan rontek Pacitan tahun lalu. (Foto : Doc. Info Pacitan)
Salah satu adegan rontek Pacitan tahun lalu. (Foto : Doc. Info Pacitan)
Lomba Rontek
Lomba Rontek. (Foto : Doc Info Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Jelang akhir bulan Ramadhan 1435 H, warga Pacitan berkesempatan mendapatkan hiburan unik yang memiliki sarat makna, yakni Festival Ronthek Pacitan (FRP) 2014. Festival tahunan yang menjadi wisata seni budaya baru di Pacitan itu rencana akan digelar mulai Selasa (22/7/2014) hingga Kamis (24/7/2014).

Rencananya, festival ronthek tahun ini akan mulai digelar Selasa setelah Shalat Tarawih, sekitar pukul 19.30 WIB dengan dibagi menjadi dua display, yaitu display di depan pendopo dan display dua di Penceng.

Untuk rute start sendiri akan dimulai di depan pendapa Kabupaten, kemudian dilanjutkan ke timur belok kanan menuju jalan Kartini hingga perempatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Pacitan. Dari sini kemudian akan dilanjutkan ke Penceng menuju jalan Panglima Soedirman dan berakhir di dekat toserba Enggal Satu sebagai garis finish.

Walaupun sempat menimbulkan kontroversi beberapa waktu lalu, agenda yang bertajuk “Festival Seni Gugah Sahur Rontek” tahun ini akan menjadi hiburan tersendiri warga Pacitan, meningat akan diikuti oleh 36 tim ronthek dari seluruh Kabupaten Pacitan.

Juara bertahan FRP tahun lalu, yakni Tanjungsari dipastikan akan bersaing ketat mengingat tim ronthek laiinya juga tengah menyiapkan secara serius festival budaya termegah di Pacitan ini, seperti ronthek Kelurahan Ploso, Pacitan yang juga memiliki tim yang solid.

Redaktur : Dwi Purnawan (Ikuti di twitter @dwi_itudua)