Jelang Pilpres, Polres Pacitan Terapkan Pengamanan Optimal dan Profesional

oleh -Dibaca 1.119 kali
Ilustrasi Kepolisian Pacitan
Ilustrasi Kepolisian Pacitan
Kapolres Pacitan pimpin Apel Siaga. (Foto : Doc. Info Pacitan)
Kapolres Pacitan pimpin Apel Siaga. (Foto : Doc. Info Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Jelang perhelatan agenda pemilihan presiden 9 Juli mendatang, jajaran Polres Pacitan menerapkan status siaga dua. Status ini Ini berkait pengamanan sejumlah sektor yang mendukung pelaksanaan pesta demokrasi 5 tahunan tersebut. Tentu saja, langkah yang dilakukan dengan mengacu prosedur tetap yang ada.

“Baik untuk kegiatan tim sukses maupun kampanye kita lakukan (pengamanan) secara optimal dan profesional,” ujar AKBP Aris Haryanto, Kapolres Pacitan usai upacara HUT Bhayangkara di halaman mapolres, Jl Ahmad Yani, Selasa (1/7/2014), dilansir dari detikcom.

Ia mengakui, ada beberapa hal yang menjadi prioritas penanganan korps berbaju cokelat. Salah satunya pengamanan calon presiden jika mereka mengadakan kegiatan di wilayah Pacitan. Standar pengamanan ekstra akan diberlakukan baik bagi calon presiden maupun tim sukses tingkat regional dan nasional.

Aris juga menyebut bahwa jajaran kepolisian juga bertindak pro aktif memantau dinamika di tengah masyarakat. Ini terkait kemungkinan adanya gesekan yang berpotensi memicu konflik. Dengan begitu, langkah antisipasi dapat secepatnya dilakukan sebelum mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. “Intinya bagaimana pilpres dapat berjalan lancar. Itu menjadi tanggungjawab polisi bersama segenap elemen masyarakat,” tandasnya.

Bersamaan Hari Bhayangkara ke-68 tahun 2014, Polres Pacitan juga memiliki gedung Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA). Gedung dengan 3 ruangan yang terletak di sisi parkir timur polres itu diharapkan mendukung kelancaran kasus yang melibatkan perempuan dan anak.

Selama ini, penanganan kasus degan kategori lex specialis masih menjadi satu dengan ruang Satreskrim. Akibatnya, perlakukan terhadap saksi maupun korban anak dan wanita belum sepenuhnya sesuai ketentuan hukum acara. Gedung baru bercat kuning gading itu merupakan bantuan pemerintah Kabupaten Pacitan.

Redaktur : Robby Agustav